Cara Mengecek Smartphone Samsung Asli Atau Palsu Terbaru

Persaingan ketat antar vendor ponsel membuat beberapa produsen gadget kecil menciptakan banyak smartphone tiruan yang mirip dengan merk ternama, seperti salah satunya Samsung. Jadi saat kalian ingin membeli, disarankan untuk mengeceknya terlebih dahulu agar bisa tahu hp tersebut asli atau palsu.

Karena dalam beberapa khasus, masih ada saja pembeli yang tertipu karena mereka membeli smartphone Samsung replika. Tentunya saja hal tersebut sangat merugikan, apalagi jika sobat membeli hp tersebut dengan harga yang sama dengan aslinya.

Nah, bagi kalian yang belum tahu, berikut ini kami akan memberikan tips bagaimana cara cek hp samsung asli atau palsu yang mudah, agar kalian tidak tertipu saat ingin membelinya. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini !!!.

Cara cek hp Samsung asli atau palsu

Cara cek hp Samsung asli atau palsu


Usahakan saat membeli hp Samsung jangan melakukan transaksi secara online atau membeli barang tersebut tanpa mengetahui bentuk fisiknya terlebih dahulu. Lebih aman lagi jika sobat membelinya dengan sistem COD (Cash On Delivery), sehinga kalian bisa mengecek keaslian ponsel Samsung yang akan kalian beli.


1. Cek melalui kode rahasia


Setiap smartphone pasti memiliki sebuah kode rahasia yang nantinya bisa sobat gunakan untuk mengetest beberapa fungsi dari perangkat tersebut. Samsung sendiri juga memiliki kode rahasia yang bisa kalian manfaatkan untuk mengecek keasliannya, cara nya gampang kalian tinggal mengetik *#0*# lalu secara otomatis akan muncul menu rahasia.

Saat kalian menekan kode tersebut dan memunculkan menu rahasia LCD TEST, maka bisa dipastikan hp Samsung tersebut asli. Namun jangan lantas percaya begitu saja, karena ada sebagian Samsung replika yang juga sudah diberi fitur tersebut.

Untuk memastikannya lagi kalian bisa mengeceknya dengan menggunakan kode *#*#4636#*#* , jika memang Samsung tersebut asli maka nanti akan muncul informasi mengenai spesifikasinya. Namun jika tidak muncul apa-apa, berarti ponsel Samsung tersebut palsu.


2. Perhatikan kualitas LCD


Hal yang sangat membedakan antara Samsung asli dan palsu juga bisa kalian lihat pada kualitas LCD nya, khususnya untuk tipe Samsung yang sudah menggunakan teknologi super AMOLED. LCD jenis tersebut memiliki ketajaman serta kenaturalan warna yang lebih bagus dibandingkan dengan LCD TFT maupun IPS.

Jika saat kalian mengecek hp Samsung tersebut dan mendapati kualitas LCD nya kurang enak dipandang atau bahkan tidak nyaman untuk mata, bisa dipastikan ponsel Samsung tersebut merupakan barang palsu.

Namun jika LCDnya memiliki warna yang tajam serta lebih natural, berarti Samsung tersebut asli. Nah untuk mempermudah, sobat bisa mengajak teman kalian yang juga memiliki hp Samsung, sehingga kalian bisa membandingkan kualitas LCD nya.


3. Cek melalui nomor IMEI


Cara cek hp Samsung asli atau palsu yang bisa kalian coba berikutnya yaitu melalui nomor IMEI. Apa sih IMEI itu ? Nomor IMEI merupakan sebuah identitas yang dimiliki oleh setiap ponsel, jadi dengan menggunakan IMEI kita bisa melihat secara detail informasi mengenai perangkat Samsung yang akan kalian beli replika atau bukan.

Nah, cara mengecek IMEI di hp Samsung sangat gampang, kalian bisa menggunakan kode *#06#, setelah itu akan muncul nomor IMEI nya dilayar smartphone. Silahkan catat IMEI tersebut kemudian cek melalui http://www.imei.info/.

Nomor IMEI sendiri terdiri dari 15 digit angka, dan masing-masing memiliki kode produksi negara yang berbeda. Kode tersebut terletak pada angka ke 7 dan 8, berikut penjelasan lengkapnya :

  • Jika ada kode 05 berarti ponsel tersebut merupakan produk USA yang memiliki kualitas sangat bagus.
  • Jika terdapat kode 00 berarti ponsel tersebut merupakan produk Finlandia, yang artinya memiliki kualitas yang juga sangat bagus.
  • Jika ada kode 02 atau 20, itu berarti ponsel tersebut di produksi di ASIA, dengan kualitas yang jelek.
  • Untuk kode 08 atau 80, tandanya ponsel tersebut merupakan produksi Jerman dengan kualitas standard atau lumayan bagus.
  • Untuk kode 03 merupakan produksi dari Perancis, dengan kualitas barang paling bagus dan tidak kalah dengan USA.
  • Nah yang terakhir, jika sobat mendapati kode 04 berati kalian sangat beruntung, karena itu tandanya ponsel tersebut di produksi di Korea. Ponsel dengan kode 04 merupakan produk limited edition dan khusus, sehingga kualitasnya sangat terjamin.


4. Perhatikan kualitas casing


Untuk mengecek hp Samsung asli atau palsu juga bisa kalian perhatikan melalui kualitas casing yang dibawakan. Casing Samsung yang asli memiliki bahan yang lebih bagus dengan plastik yang lebih tebal dibandingkan dengan yang palsu.

Jika kebetulan sobat membeli ponsel Samsung dengan tipe yang memiliki bahan metal, maka akan lebih mudah mengeceknya, karena sudah pasti itu barang asli dan bukan replika.


5. Cek ram dan chipset yang digunakan


Ada satu cara lagi yang ampuh untuk mengecek keaslian hp Samsung yaitu melalui RAM dan chipset yang digunakan. Jika sobat mengeceknya melalui menu pengaturan tidak akan terlihat berapa ram asli yang digunakan, namun jangan khawatir, kalian bisa mengeceknya dengan menggunakan aplikasi CPU Z, sobat bisa mendownloadnya secara gratis melalui Google Play Store.

Lewat aplikasi tersebut kalian bisa mengetahui secara detail mengenai ram dan chipset yang di gunakan pada smartphone Samsung yang akan kalian beli. Jika asli, maka dalam informasi CPU Z akan menunjukkan RAM beseta chipset sesuai dengan spesifikasi hp hya, namun jika palsu RAM nya akan lebih kecil (biasanya hanya 512mb / 256mb saja), dan chipsetnya masih menggunakan Mediatek.


6. Perhatikan tombol home nya


Khusus untuk tipe hp Samsung yang masih menggunakan tombol home fisik, kalian juga bisa mengecek ponsel Samsung asli atau replika melalui tombol tersebut. Jika jarak antara tombol home fisik dengan layar terlalu jauh, itu berarti "Palsu, namun jika jarak tombol home fisik tersebut dekat dengan layar berarti "Asli".


7. Cek perfoma


Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, Samsung asli dan palsu memiliki RAM dan Chipset yang berbeda. Jadi sudah bisa dipastikan performa yang dihasilkan lebih bagus Samsung yang asli daripada yang palsu.

Saat kalian mengecek, coba buat main game atau multitasking, jika lemot atau lag maka sudah bisa dipastikan itu merupakan hp Samsung tiruan.


8. Cek kualitas kamera


Mengingat ponsel Samsung replika kebanyakan di produksi di ASIA, tidak menuntup kemungkinan kualitas kamera yang dibawakan juga sangat jelek, layaknya ponsel lokal seperti ADVAN, EVERCOSS, Mito dll.

Bukan jelek sih sebenarnya, namun lebih tepat sangat jauh dibawah standard dan tidak sesuai dengan kualitas yang tertera pada spesifikasi aslinya. Nah, untuk mengecek hp Samsung asli atau palsu, kalian juga bisa mengandalkan fitur kamera sebagai tolok ukur sebelum membelinya.

Baca juga :
Cara Cek ROM Xiaomi Asli (Global) Atau Palsu (Distributor) Dengan Mudah

Nah sobat, itu tadi adalah Cara Mengecek Smartphone Samsung Asli Atau Palsu Terbaru yang bisa kalian coba. Bagi sobat yang ingin membeli hp Samsung, mulai dari sekarang di cek dulu ya biar nanti ujungnya nggak kecewa, hehe. Semoga bermanfaat !!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel