Informasi teknologi terupdate dan terpercaya
Tips  

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android

Android saat ini sudah didukung dengan banyak pilihan aplikasi yang akan membantu kamu dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Kamu bisa belanja tanpa harus perginke Mall dengan aplikasi belanja online seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dll. selain itu juga banyak aplikasi untuk mengoptimasi ponsel Android agar tidak terasa lambat.
Tapi pernahkah kamu merasakan HP Android yang masih saja terasa lambat dan bahkan tambah terasa lelet meskipun kamu sudah melakukan pembersihan file sampah? Itu biasanya terjadi karena adanya Bloatware. Apa itu Bloatware? Itu adalah aplikasi bawaan yang sudah ada sejak kamu beli baru HP Android atau bisa dibilang aplikasi bawaan pabrik.


cara menghapus aplikasi bawaan

Biasanya aplikasi bawaan Android ini akan tetap aktif/running meskipun kamu tidak pernah menjalankannya sekalipun. Dan itu yang menyebabkan HP Android kamu menjadi lelet, karena ada aplikasi berjalan lain yang tidak kamu perlukan. Jalan satu-satunya adalah dengan cara menghentikan paksa aplikasi/Force Close agar tidak berjalan.


Namun, tidak emnutup kemungkinan saat HP android kamu melakukan restart, Aplikasi ayng tadinya kamu Force close akan jalan lagi, yang berarti juga akan memakanpenggunaan memori ram dan akhirnya baru membuka sedikit aplikasi RAM sudah penuh. Lalu bagaimana cara untuk menangani masalah yang seperti ini?


Caranya adalah dengan melakukan penghapusan aplikasi bawaan HP Android tersebut. Pasti kalian juga pernah mencoba untuk menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan itu tapi tidak bisa, bukan? Ya itu karena harus memiliki akses lebih tinggi lagi untuk menghapusnya, seperti kamu melakukan rooting di Android.


Sayangnya tidak semua HP Android juga memiliki cara root yang sama, ada yang gampang, bahkan ada yang susah juga. Nah, kali ini admin akan memberikan tips bagaimana cara menghapus aplikasi awaan android tanpa root. Langsung saja simak caranya berikut ini.


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android dengan mudah


Pertama kamu unduh dan instal aplikasi CCleaner di Android yang ada aplikasi Bloatware yang ingin kamu hapus. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Playstore, lalu kamu buka aplikasinya.

Klik Mulai untuk menyetujui EULA dan Kebijakan Privasi.


1

Karena aplikasi ini kamu dapatkan secara gratis, kamu akan disuguhi iklan di tampilan aplikasinya, tekan “Lanjutkan dengan iklan” untuk melanjutkan secara gratis. Jika merasa terganggu, tekan “Tingkatkan Sekarang” untuk Upgrade ke versi yang berbayar untuk menghilangkan iklan.


2

Setelah kamu sudah masuk halam utamaa, sentuh ikon Garis 3 di bagian pojok kiri atas, kemudian pilih Pengelola Aplikasi


3

Kemudian klik SISTEM, lalu kamu pilih aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus, misalnya saja aplikasi cuaca, silahkan di beri centang, lalu klik icok Titik 3 disebelah pojok kanan bawah dilingkari warna biru.


5

Setelah itu kamu sentuh ikon Tempat sampah bertuliskan hapus instalasi pembaruan, lalu sentuh Teruskan,tunggu hingga proses penghapusan selesai.


Cukup mudah bukan cara menghapus aplikasi bawaan di android tanpa melakukan root terlebih dahulu? Semoga bermnafaat.