2 Cara Mengetahui Tipe Laptop Saat Membeli Dalam Kondisi Bekas (Tidak Ada Book & Stiker)

Cara melihat tipe laptop - Saat ini kebutuhan laptop hampir sama dengan smartphone, baik itu untuk gaming, urusan kantor maupun sekedar kebutuhan browsing. Nah, bagi kamu yang berencana membeli laptop dalam kondisi bekas, khususnya jika dalam kondisi batangan (Tidak Ada Book dan  Stiker nomor seri/tipe) wajib banget mengetahui seri laptop yang akan kamu beli.

Apa sih tujuannya? tentu saja untuk memastikan lagi bagaimana spesifikasi laptop tersebut. Sehingga kamu tidak tertipu atau salah memilih tipe laptop yang kamu butuhkan. Yah meskipun si penjual sudah menyertakan tipe serta spesifikasi laptop yang ia jual, namun sebagai pembeli kamu tetap harus teliti.

Khususnya untuk kamu yang masih awam soal teknologi dan belum tahu bagaimana cara cek tipe laptop baik itu Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, Windows 10 Pro dan seri Windows lainnya, berikut ini kami akan mengulasnya untuk kamu semua.

cara melihat tipe laptop

Cara mengetahui tipe laptop dengan mudah


Laptop kini tidak hanya digunakan untuk orang kantoran saja, sebagian sekolah-sekolah di Indonesia pun saat ini sudah mewajibkan para siswanya untuk memiliki laptop / notebook sebagai sarana pendukung proses belajar.

Maka dari itu, sebelum membeli laptop bekas ada baiknya jika kamu mengecek kembali tipe dan merk laptop yang ingin kamu beli. Tujuannya untuk mengecek kembali spesifikasi laptop tersebut dan memang sesuai dengan kebutuhan kamu.


1. Cara cek tipe laptop melalui menu "Settings"


Cara pertama untuk melihat tipe / merk laptop kamu bisa menggunakan menu Settings yang Windows kamu. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka menu icon Windows yang ada di pojok kiri bawah, kemudian klik icon Search lalu ketikkan Control panel. Jika sudah muncul lanjutkan dengan mengklik menu tersebut.


2. Tunggu beberapa saat kamu akan diarah ke menu jendela berikutnya. Pada menu Control Panel pilih menu System and Security seperti yang ada digambar.


3. Langkah berikutnya kamu akan diarahkan ke menu System and Security, kemudian cari dan pilih menu System.


4. Sampai pada tahap ini kamu sudah bisa melihat tipe beserta spesifikasi laptop tersebut secara lengkap baik itu RAM, Processor serta jenis sistem yang digunakan.



2. Cara cek tipe laptop melalui menu "dxdiag"


Selain menggunakan cara diatas, untuk mengetahui tipe laptop / notebook juga bisa kamu lakukan melalui menu dxdiag. Yaitu sebuah menu tersembunyi yang bisa kamu akses dengan mudah melalui fitur Windows Run maupun menu Search. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Klik menu icon Search pada Windows kamu, kemudian ketik Run lalu pilih menu tersebut.


2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Run, ketikkan dxdiag pada kotak yang sudah disediakan lalu klik Ok.

3. Tunggu beberapa saat hingga menu dxdiag muncul, setelah itu kamu bisa melihat tipe beserta spesifikasi laptop yang ingin kamu cek.


Ada perbedaan yang mencolok ketika kamu melakukan pengecekan menggunakan cara yang pertama dan kedua. Dimana untuk cara yang kedua kamu bisa melihat spesifikasi laptop tersebut jauh lebih lengkap, seperti display, sound, BIOS apa saja yang digunakan dalam laptop tersebut.


Kesimpulan


Dari kedua tutorial diatas merupakan cara mengetahui tipe laptop paling mudah yang bisa kami ulas untuk kamu. Sekian dulu postingan kali ini, semoga dengan adanya informasi diatas bisa membantu kamu saat ingin mengecek tipe atau seri laptop second yang akan kamu beli. Selamat mencoba!!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel