<>

Cara Mengatasi Tombol Home Hp Android tidak berfungsi

TEKNODIARY - Saat ini Android sudah dibuat di berbagai merek yang berbeda-beda dan pastinya memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu yang menarik dari smartphone Android saat ini adalah Fullscreen Display Plus.

Dengan menggunakan hp android yang berlayar fullscreen display seperti itu akan membuat kamu makin asyik bermain game. Apalagi saat ini banyak sekali game yang mendukung dengan hadirnya fullscreen display.

Tidak seperti pengguna smartphone android model lama, kebanyakan tombol Home akan berbentuk fisik bukan langsung jadi satu dengan touchscreen.

Tentu saja tombol yang berbentuk fisik seperti itu akan memiliki kelemahan, salah satunya adalah rawan rusak. Bayangkan saja jika tombol tersebut tidak sengaja kemasukan air yang pastinya akan meresap di celah-celah kecil dan akan membuat gangguan arus listrik yang ada di dalam.

Cara Mengatasi Tombol Home Hp Android tidak berfungsi

Karena itulah banyak orang yang tidak menyukai smartphone dengan tombol home fisik, karena selain mudah rusak juga terkesan jadul sekali di era yang canggih ini masih menggunakan tombol fisik.

Namun, bagaimana jika kamu adalah salah satu pengguna smartphone Android dengan tombol fisik dan sedang mengalami kerusakan? Tidak perlu khawatir, karena kal ini admin akan memberikan tips cara mengatasinya.

Cara ini bisa berguna tidak hanya untuk tombol home model fisik saja yang rusak, akan tetapi juga bisa kamu terapkan untuk tombol back atau recent yang juga rusak jika kamu pengguna android jadul. Oke, langsung saja ikut tutorial dibawah ini, agar kamu tetap bisa menggunakan tombol home, back dan recent dengan normal.

Cara Mengatasi Tombol Home di Andorid yang rusak


1. Menggunakan Aplikasi Pengganti


Salah satu yang menyebabkan tombol home fisik tidak berfungsi atau rusak adalah karena terlalu sering digunakan. Apalagi untuk smartphone Android samsung model lama, kebbanyakan dari mereka menggunakan tombol home fisik.

Untuk mengatasi masalah seperti ini kamu bisa menggunakan aplikasi Android yang bisa menggantikan peran tombol fisik.

Ada beberapa aplikasi yang admin rekomendasikan untuk bisa kamu coba unduh di Playstore yaitu Navigation Bar, EasyTouch, dan Navigation Gesture. Ketiga aplikasi tersebut busa kamu unduh secara gratis kok, dan ini bisa menjad solusi yang lebih murah dan tidak perlu keluar uang untuk memperbaiki di tukang service HP.

Aplikasi diatas tadi asalah solusinya untuk menggantikan pera tombol home fisik yang tidak berfungsi maupun yang masih normal.


2. UnRoot


Jika ponsel android kamu dalam keadaan sudah root bisa jadi ini adalah masalahnya. Kamu harus mengingat betulapakah tombol home fisik di Android kamu sebelum nya bekerja saat masih non-root? Jika iya berarti memang itulah penyebabnya, coba untuk melakukan unroot Andorid kamu. Barang kali HP Andorid kamu harus di root dengan cara yang lainnya.

Karena bisa saja saat kamu melakukan proses rooting ada beberapa file sistem yang diperlukan rusak atau terhapus, sehingga bisa mempengaruhi dan bahkan menghilangkan fungsi tombo home, back dan recent fisik di HP Android yang kamu gunakan.


3. Gunakan Stock ROM


Apabila kamu adalah pengguna Custom ROM di Android, lebih baik gunakan kembali Stock ROM, karena bisa saja karena Custo ROM yang seang kamu gunakan masih ada bug, dan menyebabkan kehilangan fungsi tombol home.

Dengan menggunakan stock ROM akan mengembalikan fungsi dan sistem ke pabrikan. Custom Rom bisa dibilang ROM yang tidak se-stabil Stock ROM, karena hanya di buat oleh satu atau beberapa orang saja.

Karena itu pasti ada bug yang tertinggal dan akan menjadi masalah bagi pengguna custom rom yang harus memperbaiki bug mereka sendiri berdasarkan instruksi yang diberikan si pengembang custom rom.

Itulah cara mudah untuk mengatasi tombol home fisik yagn tidak berfungis di HP Android kamu, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel