<>

Cara Backup SMS dan Riwayat Telepon di HP Android

TEKNODIARY - Sebagai orang yang punya banyak kesibukan, pastinya HP Android akan penuh dengan isi pesan-pesan penting dan memiliki banyak catatan. Melakukan pencadangan/backup data adalah salah satu hal yang wajib dilakukan orang seperti itu.

Untuk menghindari kehilangan data, dan file penting di HP Android maupun laptop. Apalagi saat ini Android yang punya banyak sekali dukungaan dari google membuatnya bisa melakukan backup dengan mudah.

Contohnya saja, kamu bisa membackup file foto atau video di dalam akun google drive yang sudah kamu login-kan di HP Android.

Karena kamu tidak akan pernah tahu jika file yang belum kamu backup bisa saja terhapus atau hilang, akan sangat disayangkan bukan? Maka dari itu diperlukannya backup data di Android terlebih dahulu agar aman.

Cara Backup SMS dan Riwayat Telepon di Android

Melakukan backup file memang sangalah mudah menggunakan Google drive, jika kamu sudah mengunduh aplikasinya, tinggal unggah saja file yang ingin kamu cadangan di Akun Google drive yang kamu miliki.

Untuk akun Google biasa akan mendapatkan jatah ruang sebesar 15 GB untuk penyimpanan pribadi, mungkin sudah lumayan cukup untuk menyimpan file-file penting yang kamu miliki.

Tapi bagaimana dengan sms atau history di telepon Android kamu? Karena dikhawatirkan tidak sengaja terhapus, apakah bisa melakukan backup pada sms di Android? Tentu saja bisa.

Nah, kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara backup sms dan history telepon di Android. Karena Android sudah di lengkapi dengan fitur backup bawaaan HP, jadi akan lebih mudah dilakukan. Langsung saja berikut ini adalah langkah-langkahnya.



Cara Backup SMS dan Riwayat Telepon di HP Android


Pertama kamu download dan install terlebih dahulu aplikasi yang bernama SMS Backup di Playstore, aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis.

Buka aplikasinya dan langsung pilih "GET STARTED" untuk melanjutkannya. Lalu akan muncul popup soal izin memberikan akses kontak, pilih saja Izinkan.


Setelah itu kamu akan meilihat tampilan tentang informasi jumlah banyaknya SMS dan history telepon yang saat ini sedang tersimpan di hp Android kamu. Untuk memulai Backup, langsung saja tekan "SETUP A BACKUP".


Selanjutnya akan ada pilihan mana saja yang ingin kamu backup, disana ada dua opsi yaitu Backup SMS dan Riwayat Panggilan Telepon, silahkan aktifkan mana yang kamu butuhkan, Setelah itu pilih Next untuk melanjutkan.

Kemudian kamu akan diminta memilih untuk tempat penyimpanan file backup, ada Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan perangkat telepon Android kamu sendiri. Pilih saja yang kamu suka, admin sarankan Backup ke telepon dan salah satu penyimpanan online seperti Goole Drive.


Lalu kamu akan diminta untuk memilih dimana folder kamu ingin mrnyimpan file backup tadi. Tentukan folder yang mudah di cari dan aman terhindar dari rawan terhapus, jika sudah klik OK. setelah selesai melakukan pengaturan folder tadi lanjutkan klik NEXT.


Kemudian akan muncul peringatan dari Aplikasi SMS Backup, klik YES untuk melanjutkannya.
Berkutnya silahkan pilih jarak waktu backupnya, kamu bisa memilih backup secara harian, mingguan, atau setiap per jam. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan lanjutkan dengan klik BACK UP NOW.


Aplikasi Backup SMS tadi selanjutnya akan menampilkan proses backup dan tunggu saja hingga mencapai 100% dan muncul tulisan Backup Complete.

Dan setelah itu kamu bisa cek hasil bacupnya di folder SMSBackup dan kamu akan meilihat file dengan format XML, itu adalah file backupannya jadi jangan sampai hilang atau terhapus jika penting.


Itulah cara mudah melaakukan backup sms dan riwayat panggilan telepon di HP Android apa saja, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel