6 Cara Menghemat Baterai Di HP Android Paling Jitu

TEKNODIARY - Dari dulu smartphone android terkenal dengan daya baterai yang boros. Untuk itu banyak pengguna yang mencari cara menghemat baterai hp android, agar bisa bertahan seharian saat dipakai.

Baterai boros pada ponsel android memang sudah menjadi suatu permasalahan yang umum, sebagai alternatif kamu bisa menggunakan power bank sebagai energi cadangan ketika habis. Selain itu ada beberapa tips yang cukup ampuh untuk menghemat baterai hp, seperti yang akan kami ulas pada postingan kali ini.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan baterai android sangat boros, salah satunya adalah jenis teknologi layar yang digunakan. Contohnya layar AMOLED, tipe layar ini memang memiliki tampilan gambar sangat tajam dan bagus, namun kekurangannya penggunaan dayanya cukup tinggi sehingga membuat baterai cepat terkuras.

cara menghemat baterai hp

Cara menghemat baterai android semua tipe


Sudah banyak artikel yang membahas tentang cara mengirit baterai hp android bertebaran, seperti salah satunya yang pernah kami baca yaitu dengan bantuan aplikasi penghemat baterai.

Namun ternyata cara tersebut tidak efektif, dan justru membuat ponsel semakin boros karena aplikasi tersebut berjalan di latar belakang.

Sebagai solusinya kamu bisa mengikuti tips irit baterai hp paling jitu berikut ini, tutorial ini juga bisa kamu terapkan pada semua merk ponsel Seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Sony, Oppo dll.


1. Redupkan intensitas cahaya layar


Perlu kamu ketahui, bahwa penggunaan daya terbesar pada smartphone itu terletak pada layarnya. Ini merupakan cara hemat baterai android paling efektif, karena tanpa menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

Selain itu, salah satu keuntungan meredupkan tingkat kecerahan layar pada ponsel adalah mata sobat tidak cepat lelah. Sehingga mata kalian akan tetap terjaga kesehatannya.


2. Matikan data internet ketika tidak digunakan


Internet merupakan suatu kebutuhan pokok untuk android, namun adakalanya kamu pasti memiliki waktu dimana disibukkan oleh kegiatan yang lain.

Diwaktu seperti inilah kamu bisa menonaktifkan data internet agar baterai hp lebih hemat. Karena tidak mungkin di saat sibuk kalian melakukan aktifitas yang berhubungan dengan internet.

Jadi lebih baik mematikan koneksi internet tersebut untuk menghemat baterai ponsel, selain itu kamu juga bisa mengirit kuota internet. hehe.


3. Matikan GPS, Wi-fi, Bluetooth, NFC


Salah satu cara paling ampuh untuk menghemat baterai di hp android adalah dengan menonaktifkan fitur seperti GPS, Wi-fi, Bluetooth dan NFC ketika sedang tidak digunakan. Dengan mematikan beberapa fitur tersebut, dijamin baterai hp kalian akan jauh lebih irit.

4. Menonaktifkan getar


Getaran pada smartphone dihasilkan dari sebuah dinamo berukuran sangat kecil. Itu juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan baterai hp kalian cepat habis. Untuk itu dengan menonaktifkan fitur getar atau umpan balik bisa menghemat betari android hingga beberapa persen.


5. Kurangi aplikasi dan widget


Android di ciptakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi menarik, dan terkadang hal tersebut membuat kita melewati batas. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background maka daya tahan baterai ponsel cepat terkuras dan membuat menjadi android lemot.

Ini adalah cara menghemat baterai hp android paling ampuh, karena dengan mengurangi aplikasi maupun widget bisa membuat baterai sobat bertahan lebih lama hingga seharian.


6. Meminimalkan waktu tidur layar


Semakin lama layar menyala maka semakin cepat terkuras pula baterai yang ada di ponsel. Mengatur waktu tidur layar seminim mungkin merupakan cara mengirit baterai hp yang sangat efektif, karena kondisi layar yang menyala dalam waktu yang singkat tidak membutuhkan konsumsi daya yang besar.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, kini baterai smartphone kamu akan jauh lebih irit dari sebelumnya. Ok sobat, itu tadi adalah cara menghemat baterai HP android yang bisa kami ulas untuk kamu semua. Jika kamu suka dengan postingan ini, jangan lupa share ke teman-teman kamu ya!!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel