Informasi teknologi terupdate dan terpercaya
Tips  

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Di HP Android

Salah satu keunggulan ponsel android yaitu kita bisa mengkostumisasi pengaturan sesuai dengan keinginan penggunanya. Mulai dari tampilan home screen, icon menu, letak menu dan mengatur kecerahan layar android dari redup hingga paling terang.

Sebagai pengguna yang aktif menggunakan smartphone, selalu menjaga kesehatan mata itu sangat diperlukan. Apalagi saat kamu melihat ponsel tersebut ditempat gelap, tingkat kecerahan yang terlalu berlebihan tidak baik untuk mata kamu.

Mengenai hal tersebut, terkadang masih ada beberapa pengguna ponsel yang bingung bagaimana cara mengatur tingkat kecerahan layar di smartphone mereka. Untuk itu pada postingan kali ini kami akan membahasnya untuk kamu semua.

cara mengatur kecerahan layar android

Cara setting kecerahan layar android untuk semua tipe

Mengingat tidak semua pengaturan pada merk dan tipe android sama terkadang ini menjadi kendala khususnya untuk pengguna baru. Seperti Samsung, Sony, Xiaomi. Huawei, Asus, Oppo dan sebagainya memiliki letak pengaturan kecerahan layar yang berbeda.
Meskipun begitu, kamu tidak perlu bingung. Karena pada dasarnya menunya hampir mirip. Jadi kamu tetap bisa menemukan menu pengaturan kecerahan layar dengan mudah, tingga menyesuaikan saja menu mana yang sama dengan ponsel yang kamu gunakan sebelumnya.

1. Cara mengatur kecerahan layar android melalui menu Pengaturan

Setiap android memiliki opsi Pengaturan yang sama, dimana kamu bisa mengatur kecerahan layar menjadi redup, terang dan otomatis. Nah untuk sebagian pengguna yang tidak ingin ribet, biasanya mereka mengatur kecerahan layar menjadi otomatis karena sistem sensor ponsel akan membantu mendeteksi area kamu gelap atau terang. Kemudian layar akan menyesuaikan kecerahannya secara otomatis tanpa kita harus mengaturnya.
1. Langkah pertama silahkan menuju ke menu Setelan / Pengaturan / Settings.
Screenshot 2018 12 28 18 43 40 770 com.miui.home
2. Geser kebawah dan temukan menu Tampilan / Display.
Screenshot 2018 12 28 18 43 47 538 com.android.settings
3. Berikutnya pilih menu Tingkat Kecerahan.
Screenshot 2018 12 28 18 43 53 647 com.android.settings
4. Kemudian atur kecerahan layar android sesuai dengan keinginan kamu. Jika ingin membuatnya otomatis maka centang pada opsi Kecerahan otomatis.
Screenshot 2018 12 28 18 44 07 446 com.android.settings
Contoh Settingan diatas kami ambil dari menu Pengaturan hp Xiaomi. Untuk kamu pengguna smartphone merk lain, silahkan cari menu yang mirip dengan menu diatas. Cukup simpel kan?.

2. Cara mengatur kecerahan layar android melalui Status Bar

Pada beberapa ponsel keluaran terbaru sudah dibekali Status Bar yang memiliki shortcut menu yang bisa kita sesuaikan. Dalam kondisi default, biasanya di Panel Notifikasi tersebut akan menampilkan Panel untuk mengatur tingkat kecerahan layar.
Untuk mengaturnya kamu cukup menggeser Panel tersebut kesisi kanan untuk mencerahkan dan kekiri untuk meredupkan layar. Atau juga bisa membuat kecerahan secara otomatis dengan mengklik icon dengan huruf A yang ada di Status Bar tersebut.
Screenshot 2018 12 28 18 52 21 594 com.android.settings
Meskipun menyetting kecerahan layar android terlihat gampang, namun terkadang ada beberapa pengguna yang mengalami masalah seperti Panel kecerahan hilang, brightness tidak bisa diatur, Panel kecerahan tidak bisa digeser dan lain-lain.
Masalah diatas bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti versi ROM yang kamu gunakan memiliki bug, sensor rusak, System UI error dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, jika Panel kecerahan hilang / tidak bisa diatur kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama  Screen Filter.
Screen%2BFilter
Aplikasi ini sangat bagus sekali untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan kondisi layar hp terlalu terang. Bahkan yang menarik, kamu bisa meredupkan kecerahan layar android melebihi pengaturan defaultnya lho.
Jadi seperti itulah beberapa cara mengatur tingkat kecerahan layar android yang bisa kamu coba. Dengan menurunkan kondisi brightness layar smartphone kamu, kini kesehatan mata kamu akan terjaga dan tidak mudah lelah meskipun memandangi ponsel seharian.