Informasi teknologi terupdate dan terpercaya
Tips  

5 Cara Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terbaca Di PC Windows

5 Cara Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terbaca Di PC Windows
5 Cara Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terbaca Di PC Windows

TEKNODIARY – Smartphone android tidak hanya jago dalam urusan mengoperasikan berbagai aplikasi dan game , namun juga ada fitur yang tidak kalah keren seperti salah satunya adalah melakukan sinkronisasi data secara mudah dengan perangkat PC baik itu Windows maupun Linux.

Untuk mengkoneksikan hp android ke komputer sangatlah mudah, kalian perlu kabel USB untuk menghubungkannya. Kemudian PC sobat akan secara otomatis membaca perangkat android kalian, tanpa harus menginstal drivernya terlebih dahulu.

Meskipun begitu, masih sering kami jumpai beberapa pengguna android yang tidak bisa menghubungkan perangkatnya ke komputer. Hal tersebut dikarenakan USB android tidak terdeteksi di PC Windows yang kalian miliki.

Nah bagi sobat yang mengalami masalah diatas, berikut ini kami akan memberikan solusi terbaik bagaimana cara mengatasi kabel USB android tidak terbaca di PC Windows dengan metode yang simpel. Yuk, simak ulasannya berikut ini !!!

Cara mengatasi kabel USB android tidak terdeteksi di PC

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan kabel USB android tidak terbaca di PC kalian, seperti diantaranya yang terjadi bisa dikarenakan oleh komputer, perangkat android atau kabel USB yang kalian gunakan mengalami masalah. Silahkan simak

1. Gunakan kabel USB ORI (bawaan)

Penyebab kabel USB android tidak terbaca di PC bisa dikarenakan oleh kondisi kabel data yang sudah tidak layak pakai, atau bisa juga dikarena kabel USB tersebut bukan ORI bawaan ponsel.
Yah, meskipun bentuk portnya sama, namun terkadang ada beberapa perangkat android yang mengharuskan untuk memakai kabel USB bawaan agar bisa terdeteksi dan terhubung di komputer dengan baik.

2. Driver android tidak dikenali

Masalah ini sering terjadi khususnya untuk ponsel merk lokal, dimana perangkat PC tidak bisa mengenali jenis driver yang dipakai oleh android kalian. Berbeda halnya jika sobat menggunakan smartphone merk ternama seperti Samsung, Sony, Nokia dan lain-lain, pasti komputer bisa dengan mudah mendeteksi drivernya.
Nah, cara mengatasinya kalian harus menginstal driver secara manual yang sesuai dengan hp android yang kalian miliki. Untuk menemukaannya sangat, sobat bisa mendownloadnya melalui situs resmi merk ponsel tersebut.

3. Melakukan setting koneksi USB pada android

Dalam ponsel android memiliki banyak pilihan koneksi yang masing-masing memiliki fungsi, seperti untuk menghubungkan kamera (mode PTP) dan sebagai perangkat media penyimpanan (mode MTP). Nah jika kalian salah melakukan setting pada android yang kalian miliki, itu bisa jadi penyebab tidak terbacanya kabel USB di PC.
Untuk itu solusinya adalah mengecek settingannya, jika posisi awal ada di mode PTP maka kalian harus merubahnya menjadi mode MTP, caranya : masuk ke menu “Pengaturan” >>> “Penyimpanan” >>> “Klik opsi yang ada di pojok kanan atas” >>> centang pada pilihan ” Penyimpanan media (MTP)”.

4. Pastikan kabel USB sudah terpasang dengan benar

Nah untuk masalah yang satu ini terkadang seringkali tidak kita sadari nih sobat, saat sedang terburu-buru ingin mentransfer file kalian memasang kabel USB dalam kondisi yang kurang tepat. Silahkan kencangkan atau longgarkan posisi pemasangan portnya agar kabel data android bisa terbaca di PC dengan baik.

5. Kondisi port USB kurang baik / rusak

Penyebab umum yang membuat kabel USB android tidak terdeteksi di komputer bisa juga dikarenakan oleh kondisi port pada PC kalian kurang baik atau rusak. Nah, jika kebetulan komputer kalian menyediakan banyak port, maka pindahlah kabel data tersebut ke port lainnya yang masih bagus atau bisa digunakan agar kabel USB android bisa terbaca.
Nah sobat, itulah 5 Cara Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terbaca Di PC Windows yang bisa kalian coba. Dengan adanya tutorial diatas semoga kabel data smartphone kalian kini bisa terdeteksi dengan baik.