<>

Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca / Tidak Terdeteksi

TEKNODIARY - Untuk ponsel keluaran lama kebanyakan hanya dibekali kapasitas intenal yang kecil. Sebagai alternatif kamu bisa memasang micro SD untuk menambah memorinya. Namun bagaimana jika tiba-tiba memory card tidak terbaca?.

Masalah tersebut sering terjadi pada beberapa pengguna smartphone, dimana file didalam memory eksternal mengalami Corrupt dan akibatnya kartu SD sulit terdeteksi. Jika sudah begitu tentu akan merepotkan apalagi didalam memory tersebut tersimpan banyak file / data penting milik kamu.

Nah, sebelum kalian memutuskan untuk membeli SD card yang baru, sebaiknya simak ulasan berikut ini tentang bagaimana cara memperbaiki micro SD rusak. Sayang kan jika data-data kalian hilang begitu saja !!!.

cara mengatasi memory card tidak terbaca

Cara memperbaiki memory card tidak terbaca


Ada banyak penyebab micro SD tidak bisa terbaca di PC maupun smartphone. Beberapa diantaranya karena kuningan pada memory lecet atau aus, partisi memory crash atau rusak, posisi memory yang kurang pas dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips sudah yang kami rangkum dibawah ini


1. Melakukan factory reset


Untuk cara pertama mengatasi memory card tidak terbaca di smartphone kalian bisa mengunakan metode factory reset. Yuph, cara ini terbilang cukup ampuh, karena penyebab memory tidak terdeteksi bisa juga disebabkan oleh sistem pada android kalian mengalami error, khususnya untuk android versi Lollipop.

Biasanya ada beberapa ponsel yang memiliki bug tersebut, jadi dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik merupakan langkah yang paling tepat jika memory kalian tidak terbaca di hp. 

Untuk caranya silahkan masuk ke menu "Pengaturan" >>> "Buat cadangan & setel ulang" >>> "Kembalikan ke setelan pabrik", setelah itu ponsel sobat akan melakukan reboot dan tunggu beberapa saat hingga smartphone kalian menyala kembali. Kemudian coba pasang micro SD nya lagi.


2. Tempatkan memory card pada posisi yang tepat


Terkadang saat kita sedang terburu-buru membuat kita tidak sadar yaitu memasang memory dalam posisi yang kurang tepat. Meskipun tempat kartu SD di setiap hp sudah diberi batasan berupa aluminium, namun itu tidak menjamin memory yang kita pasang bisa dalam posisi yang pas.

Untuk itu pastikan kembali mengecek posisi memory card tersebut, dan tempatkan pada posisi yang tepat agar micro SD bisa terbaca oleh smartphone kita. Jika sudah pas, restart smartphone kalian.


3. Melakukan format pada memory card


Untuk memastikan bahwa kondisi memory card memang masih bisa digunakan, ada baiknya jika sobat coba menyambungkannya ke PC dengan menggunakan card reader. Jika terdeteksi, kemungkinan yang error adalah sistem yang ada di android kalian.

Pindah dulu semua file dalam micro SD tersebut ke komputer kalian, setelah itu format memorynya dengan cara klik kanan mouse dan cari tulisan "Format". Setelah sukses , coba pasang kembali memorynya di hp kalian, jika sudah terbaca sobat tinggal memindahkan data yang sebelumnya kalian pindah di PC tadi.


4. Bersihkan kuningan pada micro SD


Kuningan atau tembaga yang ada pada memory card pada umumnya akan berwarna kuning keemasan, namun jika kartu SD tersebut memiliki umur yang cukup lama, lama kelamaan tembaga tersebut akan berwarna kuning gelap atau coklat.

Kondisi kuningan yang demikian bisa menyebabkan micro SD tidak terbaca di smartphone kalian, untuk itu coba bersihkan tembaga tersebut dengan penghapus karet atau bisa juga mengkikirnya  dengan menggunakan silet maupun pisau agar terlihat kuning mengkilau lagi.


5. Lakukan flashing pada smartphone kalian


Khususnya untuk sobat yang suka memodifikasi android, pastinya sudah tidak asing kan dengan yang namanya custom rom? nah, jika smartphone kalian menggunakan custom rom, lebih baik sobat kembalikan ke stock rom atau rom bawaan.

Karena bisa jadi SD card sobat tidak bisa terbaca disebabkan oleh bug yang terdapat pada custom rom tersebut. Lakukan flashing atau instal ulang agar smartphone kalian kembali ke rom bawaan, setelah itu coba pasang kembali micro SD nya.


6. Cek kapasitas memory card


Pada beberapa tipe smartphone jadul memiliki batasan untuk memori eksternalnya, yaitu ada yang hanya 8GB, 16GB dan 32GB. Nah jika kebetulan SD card yang sobat gunakan melebihi kapasitas dari yang disebutkan dalam spesifikasi smartphone tersebut.

Karena bisa jadi itu merupakan penyebab micro SD tidak bisa terbaca. Nah sebagai solusinya, gunakan kartu SD yang memiliki kapasitas yang lebih kecil misalnya 4GB, 8GB maupun 16GB saja sudah cukup. 

Jadi seperti itulah cara mengatasi memory card tidak terbaca yang bisa kalian coba. Demikian tips yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga ulasan diatas bisa membantu kamu yang sedang mengalami masalah micro SD sulit terdeteksi di smartphone maupun PC.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel