Informasi teknologi terupdate dan terpercaya
Tips  

Cara Cek Nomor IMEI HP Untuk Semua Tipe

TEKNODIARY – Untuk cara cek nomor IMEI di hp pada dasarnya memiliki metode yang sama, namun bagi sobat yang belum tahu bagaimana cara mengeceknya, berikut ini kami akan mengulas tutorialnya untuk kalian semua.

IMEI merupakan sebuah kode identitas suatu smartphone berupa 16 digit nomor yang bisa digunakan untuk menentukan keaslian gadget tersebut. Mengingat sekarang ini marak sekali beredar hp super copy atau palsu, mengecek nomor IMEI perlu kalian lakukan sebelum membeli ponsel tersebut.

Setiap hp android sudah dibekali oleh nomor IMEI dengan beragam kode produksi dari berbagai negara seperti US, Jerman, Finlandia, China, Jepang, Korea dll. Dimana kode negara tersebut nantinya akan menentukan bagus tidaknya kualitas dari smartphone kamu.

cara cek nomor IMEI

Apa itu IMEI?

Sebenarnya apa sih IMEI itu? IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Dimana nomor unik terserbut dijadikan sebuah identitas pada setiap merk atau tipe ponsel diseluruh dunia.
Untuk jumlah digit nomornya pun bisa bervariasi, ada yang 14, 15, hingga 16 digit. Namun kebanyakan smartphone terbaru sekarang sudah menggunakan 16 angka IMEI.

Apa fungsi dari nomor IMEI?

Berbicara soalnya fungsi nomor IMEI sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita manfaat. Nomor IMEI bisa membantu kita disaat sedang dalam kondisi darurat, seperti contohnya ponsel kamu dicuri atau hilang.
Dengan mengetahui nomor IMEI di hp kita, kamu bisa menemukan atau melakukan pemblokiran pada fungsi telepon itu sendiri agar ponsel kamu tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara melihat nomor IMEI di hp android semua tipe

Sebenarnya nomor IMEI bisa kalian cek langsung melalui dusbook pada smartphone , namun jika kamu membeli ponsel tersebut dalam kondisi batangan alias hp dan charger saja tentunya kamu tidak bisa mengetahui IMEI tersebut.
Maka dari itu kamu bisa menggunakan beberapa metode simpel dibawah ini untuk mengecek nomor IMEI di ponsel kamu. Oh iya cara berikut ini bisa kamu terapkan pada semua merk atau tipe hp seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Sony, Huawei, Oppo dan lain-lain.

1. Menggunakan kode

Cara melihat nomor IMEI yang pertama kalian bisa menggunakan sebuah kode rahasia *#06# silahkan dial nomor tersebut, maka akan muncul nomor IMEI dilayar ponsel kalian. Metode ini merupakan cara yang paling simpel untuk melakukan pengecekan IMEI dengan cepat.

2. Melalui menu pengaturan

Untuk cara mengecek IMEI di ponsel berikutnya yaitu bisa melalui menu pengaturan ponsel, silahkan pergi ke menu “Pengaturan” >>> scroll kebawah dan temukan menu “Tentang Ponsel” >>> “Status” >>> “Informasi IMEI”. Pada beberapa merk ponsel mungkin kamu akan menemui letak menu yang berbeda, jadi silahkan cari menu yang mirip seperti tadi. 

3. Melalui stiker belakang baterai

Selain menggunakan cara diatas, untuk mengecek nomor IMEI di smartphone android juga bisa dengan melihat stiker yang tertempel dibawah baterai. Matikan ponsel kalian, lalu lepas baterainya, nah disitu sobat akan melihat stiker yang menginformasikan tentang IMEI yang ada di hp kalian.
Note : “Setelah kamu mengetahui nomor IMEI nya, catatlah angka-angka tersebut di kertas agar jika suatu saat ponselmu hilang / dicuri kamu bisa menggunakan IMEI tersebut untuk menemukan smartphone kamu”.

Baca juga :


Akhir kata

Jadi seperti itulah beberapa cara cek nomor IMEI di HP yang bisa kalian coba. Dengan begitu sobat akan mengetahui asli atau tidaknya smartphone yang akan kalian beli, atau mungkin untuk menemukan ponsel kamu yang sedang hilang. Selamat mencoba !!!.