Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi (Error) - TEKNODIARY

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi (Error)

TEKNODIARY - Tidak bisa dipungkiri penggunaan laptop saat ini sudah mulai menjamur bahkan diberbagai kalangan khususnya anak sekolahan dan karyawan kantor. Sebagai pengguna, terkadang ada masalah yang terjadi dimana touchpad laptop tidak berfungsi sehingga mengharuskan kamu memakai mouse untuk menggantikan fungsi kursor.

Untuk yang sudah terbiasa menggunakan mouse sih mungkin lebih nyaman ya, namun tidak semua orang sependapat. Saya pribadi lebih mudah menggunakan touchpad daripada mouse karena tidak repot untuk memindahkan posisi tangan saat kita sedang mengetik.

Ada banyak hal yang menyebabkan touchpad laptop error, seperti beberapa diantaranya yaitu terkena virus, habis instal ulang, atau mungkin hardwarenya yang rusak. Bagi kamu yang mengalami hal tersebut tidak perlu kawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tutorial bagaimana cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi untuk kamu semua.

memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi

Cara mengatasi touchpad laptop yang error


Touchpad sendiri merupakan salah satu komponen laptop yang cukup penting, pasalnya kebanyakan aktifitas yang kita lakukan di laptop menggunakan touchpad, seperti contohnya mengarahkan kursor pada menu yang kita inginkan.

Jika touchpad laptop rusak tentu akan sangat merepotkan, karena kamu harus menggunakan tombol kombinasi untuk bisa membuka menu tertentu melalui keyboard. Untuk mangatasi masalah diatas kamu bisa mencoba beberapa metode dibawah ini.


1. Scanning Virus


Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, penyebab touchpad laptop macet salah satunya yaitu adalah terkena virus. Nah, maka dari itu untuk meyakinkan kembali, kamu bisa menginstal software anti virus seperti AVG, Smadav, AVAS, Eset Smart Scurity dll.

Jika sudah terinstal lakukan scanning secara deep, agar software tersebut memeriksa malware apa saja yang ada didalam laptop kamu. Setelah ketemu,segera hapus virus tersebut kemudian coba lakukan restart pada laptop kamu.


2. Update driver terbaru


Cara kedua untuk mengatasi touchpad error yaitu dengan mengupdate driver touchpad pada laptop kamu. Kenapa harus diupdate? yuph, jika kebetulan kamu habis menginstal ulang OS maka langkah menginstal driver ini wajib kamu lakukan.

Proses instal ulang artinya menghapus semua data sistem yang ada di laptop, dan tidak menutup kemungkinan driver touchpad kamu juga ikut hilang. Jadi untuk mengatasinya silahkan instal ulang driver tersebut melalui situs resminya. Kamu bisa mendownloadnya melalui link dibawah ini, silahkan sesuaikan dengan merk laptop kamu.

3. Aktifkan fitur touchpad


Salah satu hal yang menyebabkan touchpad tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena kamu secara tidak sengaja menonaktifkan fitur / fungsi touchpad. Nah, fitur ini biasa disebut dengan Synaptics pointing device.

Jika kamu mendisable fitur tersebut maka secara otomatis touchpad laptop tidak berjalan seperti biasanya. Untuk mengaktifkannya kembali kamu bisa menuju ke menu Control panel >>> Hardware and sound >>> pada menu Device and printers pilih opsi Mouse >>> kemudian akan muncul kotak dialog baru dan silahkan klik menu Enable pada tap Device settings (Pada contoh ini kami menggunakan OS Windows 7, jadi untuk kamu yang menggunakan Windows 8, 8.1 dan 10 silahkan menyesuaikan).


4. Bersihkan kotoran yang menempel pada touchpad


Selain menggunakan cara diatas, kamu juga bisa memperbaiki touchpad tidak berfungsi dengan cara membersihkan kotoran seperti debu. minyak atau noda lainnya yang menempel pada toucpad kamu. Untuk membersihkannya cukup mudah, gunakan tisu basar dan usap secara lembut kemudian bersihkan lagi dengan menggunakan tisu kering.


5. Cek konektor touchpad


Hal ini memang jarang terjadi, namun tidak ada salahnya jika kamu mengecek pada bagian konektor touchpad. Artinya untuk melakukannya kamu harus membongkar kasing laptop agar bisa melihat kondisi konektornya, siapa tahu ada yang terlepas atau mungkin ada kabel yang terputus.


6. Bawa ke Service Center


Jika beberapa metode diatas tidak juga memberikan solusi, maka jalan satu-satunya yaitu dengan membawa laptop kamu ke Service Center agar segera mendapatkan penanganan. Karena jika hardwarenya yang rusak maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Baca juga :

Ok guys, jadi seperti itulah cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi yang bisa kamu coba. Nah, sebagai tips tambahan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan laptop agar debu maupun kotoran lain tidak menempel pada touchpad kamu dalam waktu yang lama. Karena kalau sudah begitu, kotoran tersebut nanti bisa merusak hardware pada laptop kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel