3 Cara Mengatasi MicroSD Tidak Bisa Diformat, 100% Sukses!!! - TEKNODIARY

3 Cara Mengatasi MicroSD Tidak Bisa Diformat, 100% Sukses!!!

TEKNODIARY - MicroSD bisa menjadi solusi yang tepat untuk menambah kapasitas memori internal yang kecil di smartphone kamu. Ukurannya pun beragam ada yang 16GB, 32GB, 128GB dan masih banyak lagi, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Dengan memilih kartu SD Card yang kapasitasnya besar kamu bisa menyimpan banyak file yang kamu inginkan, seperti foto, video, musik dan dokumen penting. Jika kamu merasa semua file tersebut sudah tidak penting, kamu pun bisa menghapus semua data di microSD cukup dengan sekali klik.

Namun bagaimana jika tiba-tiba microSD tersebut mengalami error sehingga tidak bisa kamu format melalui menu pengaturan ponsel? Tidak perlu kawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi microSD yang tidak bisa diformat untuk kamu.

cara mengatasi microsd tidak bisa diformat

Cara mengatasi microSD tidak bisa diformat / error


Ada beberapa faktor yang menyebabkan microSD mengalami kerusakan, seperti terserang virus, sering melepas tanpa di eject terlebih dahulu, terkena debu / minyak, gangguan magnet dan masih banyak lagi.

Error yang terjadi bisa menyebabkan bad sector pada microSD, dimana kamu tidak bisa melakukan perubahan apapun baik itu membuat / merename folder, memasukkan file dan menghapusnya. Jika sudah begitu microSD pun seperti mayat hidup, bisa teredeteksi namun tidak bisa berfungsi hehe.


1. Format melalui fitur Windows di PC


Jika tidak bisa melakukan format microSD melalui menu smartphone, metode yang pertama ini bisa menjadi solusi agar bisa menghapus semua data yang ada di memori kamu. Disini kamu membutuhkan Card Reader dan perangkat laptop / komputer, atau jika tidak punya kamu bisa ke warnet sebentar untuk memperbaikinya.

  • Masukkan microSD ke Card Reader, kemudian hubungkan ke PC kamu.
  • Tunggu beberapa saat sampai kartu memori tersebut terdeteksi dengan baik.
  • Jika kebetulan kamu menggunakan Windows 10, buka menu Start dan ketikkan pada kotak search File Explorer. Atau juga bisa menggunakan tombol kombinasi Icon Windows + E pada menu Desktop (Support untuk semua versi Windows).
sd card tidak bisa diformat di android

  • Cari Drive microSD, jika sebelumnya kamu menamainya maka akan muncul berupa nama. Misalkan : memori tersebut kamu beri nama My File maka akan muncul My File.
  • Klik kanan pada Drive tersebut, lalu pilih opsi Format.
  • Kemudian akan muncul kotak kecil, pada opsi File System akan ada tiga jenis format yaitu FAT, FAT32 dan NTFS, silahkan kamu pilih FAT32.
  • Langkah terakhir klik Start, dan tunggu beberapa saat sampai proses formatting selesai.


2. Format melalui CMD (Windows Command Prompt)


Jika cara diatas tidak mempan, dan tetap membuat data pada microSD yang tadi sudah diformat kembali lagi, kamu bisa menggunakan metode kedua yaitu melakukan format melalui Command Prompt (CMD).

  • Klik tombol Icon Windows + R secara bersamaan, pada menu Run, ketikkan CMD lalu Ok / Enter.
memperbaiki sd card dengan cmd
  • Setelah itu akan muncul kotak CMD di Desktop kamu.
  • Kemudian line command, ketikkan perintah FORMAT G:/ FS:FAT32 , Untuk huruf yang kami tandai dengan warna biru silahkan ganti sesuai dengan nama / letak Drive microSD kamu. Itu hanya sebagai contoh saja.
format memory card melalui cmd
  • Langkah selanjutnya tekan Enter.
  • Tunggu hingga proses selesai.


3. Format dengan menggunakan software SD Formatter


Untuk kamu yang tidak ingin ribet, salah satu cara memperbaiki microSD tidak diformat yaitu menggunakan bantuan software. Kamu membutuhkan aplikasi SD Formatter yang bisa kalian unduh secara gratis.

  • Download dan instal software SD Formatter di PC kamu. (Disitu akan ada banyak link, jadi silahkan sesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan pada komputer kamu.
  • Hubungkan microSD ke PC menggunakan Card Reader.
  • Buka aplikasi SD Formatter, pada opsi Drive silahkan pilih letak Drive MicroSD kamu.Contoh :  G:/.
  • Langkah selanjutnya klik Format.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Dari ketiga metode diatas, merupakan cara memperbaiki MicroSD error saat diformat yang sudah terbukti ampuh. Namun jika kamu tetap belum bisa memperbaikinya, silahkan cek kondisi memori tersebut apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.

Seperti contohnya ada debu / kotoran yang menempel pada konektornya. Jika iya, maka bersihkan terlebih dahulu menggunakan kain halus yang diberi parfum beralkohol / bensin. Kemudian kamu ulangi cara mengatasi microSD tidak bisa diformat diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel