Cara Mudah Mengatasi Kartu SD Card Write Protected (TERKUNCI) - TEKNODIARY

Cara Mudah Mengatasi Kartu SD Card Write Protected (TERKUNCI)

TEKNODIARY - Selain mengalami masalah tidak bisa diformat, ada satu lagi masalah yang sering dialami oleh teman-teman dimana kartu SD Card muncul notifikasi Write Protected saat melakukan akses seperti mengcopy file, delete, maupun rename.

Hal tersebut memang sering terjadi khususnya untuk kamu yang awam. Saat kartu memori dalam keadaan terkunci kamu pun tidak bisa mengubah / memodifikasi data file yang ada didalamnya, jadi kamu harus membuka kuncinya terlebih dahulu.

Untuk kamu yang mengalami masalah tersebut tidak perlu bingung, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi kartu SD Card Write Protected dengan beberapa metode yang bisa kamu coba dibawah ini.

cara mengatasi sd card write protected

Cara mengatasi kartu SD Card yang terkunci (Write Protected)


Kartu memori yang terkunci bisa menjadi masalah yang serius, apalagi saat itu kamu ingin melakukan penghapusan atau mungkin memindah semua file yang ada didalamnya ke komputer kamu. Ikuti beberapa cara mengatasinya diberikut ini.


1. Mengubah file Registry


micro sd card write protected

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki micro SD Write Protected yaitu dengan mengubah file Registry yang ada di sistem Windows kamu melalui menu Regedit. Berikut langkah-langkahnya :

  • Tekan tombol icon Windows + R pada komputer kamu, nanti akan muncul menu Run.
  • Setelah itu ketikkan regedit pada kotak pencarian tersebut dan klik OK.
  • Lalu buka directory Computer >>> HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM >>> CurrentControlSet >>> Control >>> StorageDevicePolicies.
Note : "Jika kamu tidak melihat folder StorageDevicePolicies, kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara klik kanan >>> New >>> Key >>> lalu buat folder dengan nama tersebut, setelah itu buat file baru didalamnya dengan cara klik kanan >>> New >>> DWORD dan beri nama Write Protect".
  • Kemudian kamu edit atau modify file yang ada didalamnya.
  • Langkah selanjutnya ubah Value pada tulisan Write Protect dari 1 menjadi 0, lalu klik OK untuk menyimpan.
  • Langkah terakhir reboot PC kamu.


2. Melalui Command Prompt (CMD)


cara format micro sd yang terproteksi

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk mengatasi kartu SD yang Write Protect yaitu dengan memanfaatkan fungsi Command Prompt yang ada di PC kamu. Silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Buka menu CMD, klik kanan dan Run As Administrator.
  • Pada Command Line ketik diskpart lalu tekan Enter.
  • Ketik lagi list disk kemudian akan muncul beberapa daftar Drive yang ada di komputer kamu.
  • Pilih Disk kartu SD tersebut, dan ketikkan pada command sesuai dengan Drive kartu memori mu. Contoh jika Drive kartu SD kamu ada di Disk F maka ketik Disk F lalu Enter.
  • Langkah berikutnya ketik attributes disk clear read only >>> Enter.
  • Kemudian ketik clean >>> Enter.
  • Selanjutnya kamu ketik create partition primary >>> Enter.
  • Langkah terakhir ketikkan format fs=fat32 >>> Enter >>> lalu Exit.


3. Melalui tombol switch pada Adapter kartu SD


sd card write protected format

Setiap kartu memori pasti dibekali yang namanya Adapter, khususnya untuk kamu yang membeli micro SD dalam keadaaan baru, biasanya sudah tersedia satu set dengan kotak Adapternya. Fungsi Adapter sendiri selain untuk menghungkan kartu SD Card kamu ke PC, juga bisa digunakan untuk mengunci kartu memori tersebut melalui tombol switch pada Adapter tersebut.

Nah, biasanya nih untuk kamu yang awam, pasti tidak mengetahui fungsi dari switch tersebut. Jadi jika kamu mengaktifkannya (Lock), maka secara otomatis memori kamu akan terkunci / terproteksi. Untuk itu silahkan off  / Unlock switch tersebut untuk membuka kartu SD Card kamu kembali, agar kamu bisa memodifikasi file yang ada didalamnya.

Itu tadi adalah beberapa cara mengatasi kartu SD Card Write Protected / Terkunci yang bisa kamu coba. Sekian dulu postingan kali ini, jika menurut kamu ulasan diatas bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu. Selamat mencoba!!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel