Cara Membuat Label Undangan Ukuran 103 Dan 121 Siap Cetak - TEKNODIARY

Cara Membuat Label Undangan Ukuran 103 Dan 121 Siap Cetak

TEKNODIARY - Ada banyak sekali jenis usaha sampingan yang memiliki profit cukup tinggu seperti salah satunya membuat undangan, baik itu undangan pernikahan, khitan, rapat dan sebagainya. Cukup bermodalkan PC, printer dan kertas saja kamu sudah bisa mempunyai penghasilan sendiri.

Untuk membuat label undangan sendiri ukuran 103 dan 121 , kamu bisa menggunakan bantuan software seperti Microsoft Word dan Office. Diawal memang agak sedikit susah, karena kamu mungkin bingung dengan fungsi dari setiap menu yang ada.

Nah, bagi kamu pemula yang baru belajar, berikut ini kami memiliki panduan lengkap bagaimana cara membuat label undangan ukuran 103 dan 121 siap cetak yang bisa kamu ikuti.

cara membuat label undangan ukuran 103 dan 121

Cara membuat label undangan otomatis ukuran 103 dan 121 menggunakan Ms.Word


Dalam membuat label undangan ada banyak sekali jenis ukurannya, namun type yang paling sering digunakan adalah 103 dan 121. Dengan menggunakan ukuran tersebut kamu bisa lebih menghemat kertas, karena dalam 1 lembar bisa berisi sampai 12 lembar undangan.

Pada contoh kali ini, kami akan membuat label undangan dengan menggunakan Ms.Word 2010, bagi kamu yang menggunakan versi lain seperti Office Word 2007, 2010, 2013, dan 2016 caranya sama saja kok, yang membedakan mungkin hanya pada tata letak menunya saja. Yuk simak tutorial selengkapnya dibawah ini.

  • Langkah pertama silahkan buka Microsoft Office di PC kamu, lalu pilih pada opsi Mailings >>> Labels >>> Options.
  • Setelah itu akan muncul jendela baru yaitu Label Options. Lanjutkan dengan memilih menu New label.
  • Langkah berikut, silahkan beri nama pada label baru yang kamu buat tadi menjadi type 103 untuk mempermudah saat kamu mencari filenya nanti. Dan silahkan atur ukurannya seperti yang ada pada gambar dibawah ini setelah itu klik Ok.
  • Kemudian kamu akan kembali diarahkan ke jendela label options klik Ok lagi.
  • Langkah berikut kamu akan dibawa ke menu Envelopes and labels, silahkan pilih opsi New Document.
  • Sampai pada langkah ini kamu sudah berhasil membuat format label ukuran 103, selalnjutnya kita akan membuat data yang akan kita print pada label kartu undangan tersebut.


Cara membuat data label kartu undangan menggunakan Microsoft Excel


Untuk membuat data label kartu undangan kita tidak bisa menggunakan Office Word, melainkan kita membutuhkan Microsoft Excel. Sebagai contohnya disini kami akan menginput beberapa data yang dibutuhkan seperti nama dan alamat.

  • Buka Office Excel, lalu masukkan semua datanya, jika sudah klik Save untuk menyimpan.


Cara memasukkan data ke label kartu undangan


Setelah data tadi kamu simpan, sekarang saatnya memasukkan data tersebut ke label kartu undangan yang tadi kamu buat. Kembali halaman Microsoft Office Word tadi, lalu pilih Mailings >>> Select Recipients >>> Use Existing List. Kemudian lanjutkan melalui langkah-langkah berikut.

  • Langkah berikutnya silahkan cari data yang tadi sudah kamu buat di Excel. Klik Open.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke menu Select Table, dan pilih Sheet lokasi dimana kamu menyimpan data tersebut. Pada contoh ini kami menyimpannya di Sheet1$ lalu klik OK.
  • Jika sudah, pilih pada opsi Mailings dan arahkan pada menu Insert Merge Field lalu pilih Nama. Maka secara otomatis akan muncul tulisan «Nama» pada lembar kerja tersebut.
  • Selanjutnya tekan Enter, lalu ketik DI dan tekan Enter lagi, dan ulangi langkah diatas yaitu memilih menu Mailings >>> Insert Merger Field >>> Alamat. Setelah itu akan muncul tulisan «Alamat» secara otomatis di halaman kerja.
  • Nah, sekarang tingga kamu Copy data tersebut ke semua label yang tersedia.
  • Berikutnya arahkan kursor kamu pada label kedua, dan buka menu Mailings >>> Rules >>> Next Record. Setelah itu akan muncul tulisan «Next Record» sebelum kata «Nama».
  • Langkah selanjutnya, copy semua data yang ada pada label dua, dan pastekan pada label tiga, empat, lima, dan seterusnya.
  • Sekarang saat kita mengisi data pada format label tersebut secara otomatis melalui menu Mailings >>> Finish & Merge >>> Edit Individual Document.
  • Kemudian akan muncul jendela Merge to New Document, silahkan pilih All lalu klik Ok.
  • Maka secara otomatis data yang kita buat di Excel tadi akan masuk ke semua label kartu undangan pada Word.
  • Langkah terakhir kamu tingga menyetak kartu undangan tersebut, nah agar hasilnya bagus pastikan kamu mengatur ukuran / jenis kertas yang akan dipakai melalui menu Properties dan silahkan atur Page Width dan Page Hight sesuai dengan ukuran pada type label 103 yang kamu buat tadi.
  • Selesai.

Baca juga :

Bagaimana? cukup mudahkan cara membuat label undangan ukuran 103 dan 121 diatas? Ok sobat, demikin sedikit ulasan yang bisa kami sampai pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya postingan diatas bisa membantu kamu yang ingin membuka usaha cetak undangan sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel