Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan ROOT Di Smartphone Android

Meskipun saat ini sudah banyak android yang dibekali spesifikasi tinggi, namun tidak jarang masih banyak para user yang kurang puas dengan kinerja pada ponselnya. Tidak heran aktifitas rooting kini cukup populer dikalangan pengguna robot hijau.

Yuph, dengan melakukan root kalian bisa bebas memodifikasi sistem seperti yang kalian mau, seperti overclock CPU, mengubah tampilan icon, dan masih banyak lagi. Namun tahukah kalian tentang sisi positif dan negatifnya jika sobat melakukan rooting pada smartphone yang kalian miliki?.

Semua pasti ada sisi buruk dan baiknya, maka dari itu berikut ini kami akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan root di smartphone android agar wawasan kalian semakin luas.

Kelebihan dan kekurangan root di android


Kelebihan dan kekurangan ROOT android


Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis linux, yang artinya open source. Namun dengan catatan untuk melakukan pengoprekan tersebut ponsel sobat harus sudah di root. Sangat mengasikkan jika kita bisa memodifikasi android yang kita miliki sesuai dengan keinginan kita. Nah, yang menjadi pertimbangan, bahaya nggak sih? yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.


Kelebihan ROOT


1. Bisa menginstal Custom ROM


Tujuan utama beberapa user melakukan rooting tidak lain dan tidak bukan salah satunya agar bisa memasang custom ROM di ponselnya. Mengingat ROM bawaan terkadang sangat membosankan, dan memiliki performa standard untuk gaming, menginstal custom ROM merupakan solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut.


2. Bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root


Salah satu hal menarik jika sobat melakukan root di android yaitu kalian bisa menjalankan berbagai aplikasi khusus yang kalian mau. Khususnya pada beberapa aplikasi yang membutuhkan otoritas root seperti Root Explorer, Titanium Backup, Terminal Emulator dan masih banyak lagi.

Namun sobat harus tetap berhati-hati dan teliti saat menggunakan aplikasi yang membutuhkan root, karena terkadang ada aplikasi yang jika penggunaanya salah malah bisa merusak smartphone yang kalian punya.


3. Menghemat memori internal


Selain memiliki kelebihan diatas, ada keunggulan lain jika sobat me-root android yaitu menghemat penyimpanan internal. Hal tersebut bisa menjadi solusi bagi sobat pengguna android yang memiliki memori internal sangat minim.

Bagaimana bisa? tentu saja bisa, silahkan hapus aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone kalian, maka dengan begitu memori internal kalian akan menjadi lega. Tetap teliti dan hati-hati saat sobat menguninstal aplikasi bawaan / bloatware, karena jika sampai salah menghapus akan ada beberapa fitur android yang tidak bisa kalian jalankan seperti contohnya menghapus apk kamera, sms, bluetooth dll.


4. Melakukan OverClock CPU


ROOT juga bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kinerja pada ponsel, dengan melakukan OverClock CPU melebihi kecepatan standardnya dijamin smartphone kalian akan berjalan secepat kilat saat membuka aplikasi maupun game.

Ingat!!!! jangan mengambil selisih terlalu jauh saat melakukan OverClock, karena bisa menyebabkan matot pada android sobat.



Kekurangan ROOT


Setelah mengetahui beberapa kelebihan root, sekarang kita bahas beberapa kekurangan jika kita melakukan root pada android.


1. Dapat menghilangkan garansi ponsel


Wajib diperhatikan!!! khususnya untuk sobat yang baru membeli ponsel baru. Sebaiknya jangan melakukan root karena bisa menghilang garansi pada smartphone kalian apabila suatu saat ada kerusakan yang disengaja maupun tidak.

Rooting sendiri merupakan salah satu tindakan ilegal, maka dari itu pihak vendor tidak akan mau ganti rugi jika sampai ada kerusakan setelah kalian melakukan rooting.


2. Menyebabkan kerusakan sistem dan hardware


Hal negatif lainnya jika kalian melakukan root pada ponsel android yaitu bisa menyebabkan kerusakan para pada ponsel kalian. Seperti pada kebanyakan yang dialami oleh para user antara lain bootloop, softbrick, hardbrick dll.

Tidak hanya kerusakan pada sistem saja, yang lebih parah jika sampai kerusakan tersebut menyerang hardware. Dimana ponsel android kalian akan mengalami kerusakan pada EMMC nya, sehingga terjadi matot permanen.


3. Bisa terinfeksi virus / malware


Dalam artiannya, root sendiri berarti memberikan akses agar kita bisa masuk ke sistem. Hal itu bisa menjadi celah bagi para virus internet untuk masuk ke dalam perangkat kita dengan mudah. Maka tidak heran, jika ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan ketika hp kita dalam kondisi root, seperti contohnya aplikasi keuangan.

Baca juga :

Itu tadi adalah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan root di smartphone android yang bisa kami ulas untuk sobat semua. Jadi apakah kalian masih tetap ingin me-rooting ponsel kalian? pikirkan terlebih dahulu resikonya :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel