Cara Membebaskan Memori Internal Yang Penuh Di HP Android

TEKNODIARY - Kebanyakan smartphone android kini sudah dibekali ruang penyimpanan internal yang sangat besar, ada yang 16gb, 32gb, 64gb, 128gb bahkan 256gb. Jadi kalian tidak perlu repot-repot untuk memasang memori eksternal sebagai tambahannya.

Namun yang menjadi masalah, bagaimana dengan pengguna android yang memiliki kapasitas memori internal sangat minim? masalah tersebut sering kami jumpai di beberapa grup android, dimana ada sobat yang sering mengeluh jika memori internalnya cepat penuh karena terlalu banyak menginstal aplikasi maupun game di dalam ponselnya.

Cara membebaskan memori internal yang penuh di android sebenarnya sangat mudah, namun untuk sobat yang awam kalian bisa mencoba beberapa tips yang akan kami ulas dibawah ini.

Cara Membebaskan Memori Internal Penuh Di Android


Cara melegakan memori internal di Android semua tipe


Sobat semua pasti sangat kesal ketika ingin menginstal aplikasi atau game yang kita inginkan tiba-tiba muncul peringatan jika memori telepon dalam ponsel kita sudah penuh. Yuph, hal tersebut memang sering terjadi hampir di semua pengguna smartphone android, khususnya untuk tipe-tipe lawas yang notaben nya mempunyai penyimpanan internal yang sangat kecil.


1. Instal aplikasi Cleaner


Memori internal yang cepat penuh pada android bisa saja terjadi karena banyaknya file sampah yang menumpuk, seperti cache, data log dan sebagainya. Jika sobat tidak rutin mengecek folder maka sudah bisa di pastikan file sampah dalam android kalian akan menumpuk sehingga menyebabkan memori hp jadi penuh.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa menginstal aplikasi  sejenis cleaner, dimana aplikasi tersebut akan mendeteksi semua file sampah yang ada di android kalian dengan cepat. Kalian bisa mendownload aplikasi cleaner di Google Play Store sobat masing-masing.


2. Menghapus aplikasi bawaan


Pada beberapa ponsel android biasanya diberi aplikasi bawaan tambahan, yang terkadang jarang kita pakai karena memang fungsinya tidak terlalu penting. Jika android sobat memiliki ruang penyimpanan yang sangat minim, sebaiknya kalian menghapus aplikasi bawaan tersebut agar memori internal sobat kembali lega.

Banyak sekali aplikasi bawaan ponsel yang pada umumnya terinstal antara lain seperti Facebook, Google Drive, News, Google Chrome, App Store dari masing-masing merk ponsel dan masih banyak lagi.


3. Memindahkan file ke memori eksternal


Cara selanjutnya untuk mengatasi memori internal yang cepat penuh adalah dengan memindahkan semua data baik itu foto, musik, video atau dokumen ke penyimpanan eksternal. Dengan memindahkan semua file yang sebelumnya ada di memori internal ke eksternal kini dijamin penyimpanan dalam perangkat sobat akan jauh lebih lega.


4. Lakukan wipe data / factory reset


Selain menggunakan metode diatas, sobat juga bisa mencoba dengan cara melakukan wipe data / factory reset. Nah untuk menggunakan cara ini kalian harus masuk ke mode Recovery terlebih dahulu yaitu dengan menekan dan tahan tombol volume atas + power secara bersamaan, tunggu beberapa detik maka sobat akan dibawa ke menu Recovery mode.

Ini sama saja dengan melakukan reset ulang pada ponsel android kita, yang artinya semua data yang tersimpan di memori internal akan juga ikut terhapus bersama sampah-sampah didalamnya. Jika memang ada data yang penting, sebaiknya sebelumnya kalian melakukan backup ke PC terlebih dahulu agar data tersebut tidak ikut hilang.


5. Menonaktifkan aplikasi bawaan sistem


Perlu sobat ketahui, aplikasi bawaan tidak hanya terinstal di memori internal saja lho, melainkan juga ada yang terinstal di sistem. Jika aplikasi tersebut terinstal di sistem maka kita tidak bisa menghapusnya dengan cara biasa melainkan harus dengan metode root.

Namun kalian tidak perlu kawatir, bagi yang tidak ingin ribet, kalian bisa menonaktifkan aplikasi sistem tersebut melalu menu pengaturan. Caranya buka menu Pengaturan >>> Aplikasi >>> kemudian pilih aplikasi sistem yang tidak ingin digunakan dan klik Nonaktifkan.

Cara ini cukup efektif untuk melegakan memori internal sobat yang sudah penuh, karena ketika aplikasi sistem yang tadinya kita nonaktifkan kini tidak akan menyimpan banyak file cache di dalam android lagi.

Nah sobat, itu tadi adalah sedikit ulasan mengenai cara membebaskan memori internal yang penuh di HP android yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya beberapa tips diatas bisa membantu para pengguna android yang ada disini. Selamat mencoba !!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel