Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Di HP Xiaomi Tanpa ROOT

TEKNODIARY - Semua android pasti dibekali aplikasi bawaan yang berguna untuk menambah fitur pada ponsel yang kalian miliki. Khususnya Xiaomi, dimana banyak sekali aplikasi bloatware yang bisa membantu menemani aktiftas sobat sehari-hari.

Namun meskipun begitu, ada juga beberapa aplikasi bawaan yang terkadang tidak berguna sehingga hanya memenuhi ruang penyimpanan internal di hp Xiaomi yang kita miliki. Alhasil ketika kita ingin menginstal aplikasi yang kita inginkan memori perangkat pun jadi tidak mencukupi.

Bagi sobat pengguna ponsel Xiaomi, untuk bisa menghapus aplikasi bawaan / bloatware sangatlah mudah, dan kalian tidak membutuhkan akses rooting. Namun untuk melakukannya kalian membutuhkan sebuah perangkat PC atau laptop.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa ROOT


Cara mudah menghapus aplikasi bawaan / bloatware Xiaomi tanpa root


Cara ini sangat cocok untuk sobat yang tidak ingin kehilangan garansinya gara-gara ponsel Xiaomi nya di root. Yah meskipun tutorialnya agak ribet, namun kalian semua pasti bisa kok asalkan sobat mengikuti semua langkah-langkahnya dengan benar dan teliti. Ok, daripada kalian penasaran yuk simak tutorialnya berikut ini.

  • Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah menginstal aplikasi App Inspector di hp Xiaomi kalian, untuk mendapatkan aplikasinya sangat mudah kalian bisa mendownloadnya melalui link ini.
  • Setelah itu, jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging , untuk cara nya silahkan masuk ke menu Setting >>> About Phone >>> kemudian tap 5x pada versi MIUI sampai muncul notifikasi "You Are A Developers Now" >>> kembali ke menu Setting masuk ke menu Additional Settings >>> Developers Options >>> centang USB Debugging
app inspector


Bahan-bahan yang perlu di persiapkan :


Setelah semua bahan sudah siap, sekarang mari kita lanjut ke tahap eksekusi :

  • Buka aplikasi App Inspector di hp Xiaomi sobat, kemudian cari aplikasi bawaan yang ingin kalian hapus. Contohnya sobat ingin menghapus aplikasi browser bawaan.
  • Lihat pada menu "Data" dan lihat "Installer Package" di aplikasi tersebut dan copy di notepad.
  • Langkah selanjutnya buka folder C:\adb lalu tekan tombol SHIFT + klik Kanan pada bagian kosong dalam folder tersebut dan pilihlah "Open command window here".
  • Setelah muncul kotak Command prompt, ketik perintah adb devices lalu ENTER. Perintah tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah smartphone sobat sudah terkonek atau belum. Jika sudah maka sobat akan melihat serial number pada kota Command Prompt.
  • Jika di ponsel muncul notifikasi, klik OK untuk memberi ijin.
  • Lanjut ke tahap berikutnya ketik perintah adb shell >>> ENTER.
  • Lanjukan dengan mengetik pm uninstall -k --user 0 'nama.installer' (nama.installer silahkan sobat ganti dengan nama package yang sebelumnya sudah sobat copy di notepad tadi) sehingga jadinya akan seperti ini pm uninstall -k --user 0 'com.android.browser'.
  • Klik ENTER, maka akan muncul tulisan Succes pada Command Prompt tersebut.
  • Ok, langkah terakhir silahkan sobat reboot ponsel kalian dan lihat hasilnya. Taraaaa, kini aplikasi bawaan tersebut sudah terhapus tanpa membutuhkan akses root.
  • Selesai.

Perlu kalian ingat, harap berhati-hati saat ingin menghapus aplikasi bawaan pada ponsel, karena jika sampai salah pilih beberapa fitur ponsel mungkin tidak akan bisa berfungsi. Seperti contohnya aplikasi bluetooth, aplikasi kamera, pemutar musik dan sebagainya.


Nah demikian tutorial bagaimana Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa ROOT yang bisa kami ulas kali ini. Semoga dengan adanya panduan diatas bisa membantu sobat semua yang ingin menguninstal / mencopot bloatware dengan metode yang mudah. Selamat mencoba !!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel