Cara Menyambungkan HP Android Dengan Flashdisk Tanpa Ribet


Flashdisk merupakan sebuah memori atau penyimpanan yang pada umumnya digunakan pada Komputer, baik itu untuk kebutuhan memindah maupun menyalin data dari perangkat satu ke perangkat yang lain.

Tapi pernah nggak sih sobat berpikir jika flashdisk ternyata juga bisa difungsikan melalui hp android lo. Namun sayangnya tidak semua smartphone mendukungnya, fitur USB OTG (On The Go) hanya terdapat pada ponsel-ponsel keluaran terbaru saja atau yang memiliki spesifikasi cukup lumayan.

Nah, bagi kalian yang kebetulan memiliki smartphone yang belum mendukung USB OTG  dan belum tahu cara menghubungkannya ke flashdisk, berikut ini kami akan mengulas tentang bagaimana cara menyambungkan hp android dengan flashdisk tanpa ribet.

cara menyambungkan hp android dengan flashdisk

Cara menyambungkan hp android dengan flashdisk


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa untuk bisa menyambungkan smartphone kalian ke flashdisk yaitu hp android sobat harus sudah mendukung fitur OTG. Namun jika sobat memiliki ponsel android yang belum memiliki fitur USB OTG tidak perlu kawatir, karena kalian tetap bisa menghubungkan flashdisk dengan smartphone jadul milik kalian.

Sebelum lanjut ke tahap eksekusi pastikan jika hp android sobat sudah dalam keadaan root, jika belum silahkan lakukan rooting terlebih dahulu. Atau jika bingung kalian bisa melihat tutorial rooting di Google sesuai dengan tipe ponsel yang kalian miliki.


Beberapa hal yang harus dipersiapkan


Memang root saja sudah cukup? tidak, namun ada beberapa hal yang harus kalian siapkan, yuk lihat dibawah ini.

  • Kabel USB OTG, jika belum punya silahkan beli terlebih dahulu, harganya murah kok.
  • Download Aplikasi StickMount dan Aplikasi Astro File Manager.
  • HP Android dengan OS Froyo keatas, seperti Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat dan Oreo.
  • Dan yang terakhir tentunya flashdisk yang akan kalian baca datanya.


Langkah-langkah menyambungkan hp android ke flashdisk


Jika semua persiapan diatas sudah lengkap, sekarang saatnya lanjut ke tahap eksekusi, ikuti step by step nya dibawah ini.

  • Instal aplikasi StickMount dan aplikasi Astro File Manager di android kalian.
  • Siapkan kabel USB OTG, kemudian sambungkan flashdisk ke smartphone kalian.
  • Tunggu beberapa saat sampai flashdisk bisa terdeteksi dengan baik, maka setelah itu akan muncul Pop-up "Open StickMount when this USB device is connected" pilih "Check use by default" lalu klik "Ok".
  • Secara otomatis aplikasi StickMount akan merespon dan meminta akses root, silahkan pilih "Grant" atau "Izinkan".
  • Jika sudah sukses terkoneksi, buka aplikasi Astro File Manager dan sekarang kalian bisa bebas mengedit, mengcopy maupun memindah data yang ada di flashdisk tersebut ke hp kalian atau sebaliknya.
  • Selesai.

Perlu di ingat sekali lagi ya sobat, cara diatas bisa berhasil jika hp android kalian sudah dalam kondisi root dan memiliki versi android Froyo ke atas. Jadi untuk hp nya yang belum di root sudah pasti gagal, karena tidak memiliki hak akses rooting.

Baca juga :

Nah, cukup mudah kan? Itu tadi adalah artikel tentang Cara Menyambungkan HP Android Dengan Flashdisk Tanpa Ribet yang bisa kami ulas. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk semuanya.
Advertisement