Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Air Agar Tidak Rusak - TEKNODIARY

Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Air Agar Tidak Rusak

TEKNODIARY - Terkadang saat sobat sedang fokus dengan sesuatu sering kali kalian melakukan kesalahan kecil seperti contohnya melepaskan smartphone dari genggaman dan jatuh ke air. Jika hp sobat sudah dilengkapi oleh sertifikat IP67 yang noteben nya memiliki fitur tahan air selama 30 menit hingga kedalaman 1,5 meter sih nggak masalah, namun bagaimana jika tidak?.

Dalam kondisi seperti ini sobat harus bertindak cepat, karena jika sampai telat menanganinya hp android kalian bisa mati total. Air bisa masuk kedalam casing dan mengenai mesin utama sehingga bisa menyebabkan konsleting pada jalur-jalur yang ada di PCB hp kalian.

Nah sebelum hal tersebut terjadi, berikut ini kami akan mengulas bagaimana cara mengatasi hp android yang terkena air agar smartphone kalian selamat dari yang namanya matot.

cara mengatasi hp android terkena air

Cara mengatasi HP android yang terkena air


Smartphone yang tercebur kedalam air memang bisa membuat kita sebagai pengguna sangat panik, bukannya sibuk untuk mencari solusinya namun malah berusaha menyalakannya. Padahal cara itu salah, yang ada malah membuat ponsel kalian tidak terselamatkan. Untuk itu silahkan ikuti beberapa tips yang sudah kami rangkum dibawah ini.


1. Segera lepas baterai


Saat ponsel sobat terkena air, ada baiknya jika kalian segera melepas baterainya. Ini sangat penting, karena kondisi baterai yang masih menempel bisa membahayakan ponsel kalian, jika arus listriknya masih mengalir sementara air sudah masuk ke mesin hp kalian maka sudah bisa dipastikan akan terjadi konslet pada mesin tersebut.

Nah, yang menjadi masalah adalah kebanyakan ponsel sekarang ini sudah menggunakan baterai tanam, jadi tidak mudah untuk melepasnya. Untuk itu hal pertama yang perlu sobat lakukan yaitu membongkar seluruh casingnya, kemudian lepaskan baterainya.


2. Bongkar total casinya


Oke setelah baterai sukses terlepas, sekarang silahkan bongkar casingnya secara menyeluruh, jangan sampai ada yang terlewatkan kemudian pisahkan setiap bagian atau komponen yang ada seperti speaker, LCD, Touchscreen dll.

Taruh ditempat yang kering, lebih bagus lagi ditempat yang panas atau dibawah sinar matahari dan diamkan sampai benar-benar kering.


3. Pastikan LCD tidak terkena air


Hal terpenting yang tidak boleh kalian lupakan yaitu mengecek LCD nya, pastikan tidak ada air yang menempel sedikitpun. Jika ada bersihkan LCD nya menggunakan kain halus atau busa halus agar air nya bisa terserap.

Cek juga pada bagian flexible dan connectornya, keringkan menggunakan kain atau jika perlu menggunakan bensin setelah itu diamkan selama beberapa menit sampai kondisi flexible kering.


4. Keringkan semua bagian komponen


Jika beberapa langkah diatas sudah kalian lakukan, langkah selanjutnya pisahkan semua komponen yang masih menempel di casing atau kerangka hp android. Kemudian keringkan semua komponen tersebut dibawah sinar matahari, menggunakan pengering rambut hair dryer, atau bisa juga menaruhnya kedalam beras agar airnya cepat terserap.


5. Rakit hp kembali


Setelah semua komponen maupun casingnya sudah benar-benar kering, sekarang saatnya merakit hp sobat kembali. Pasang semua komponen pada posisinya, dan jangan sampai ada baut yang terlewatkan, setelah itu coba nyalakan kembali ponsel kalian.

Beberapa langkah diatas sudah terbukti berhasil dengan catatan kalian tidak telat dalam menanganinya. Karena jika sampai air terlanjur membuat hp kalian konslet maka sudah tidak ada harapan lagi jika ponsel sobat bisa menyala.

Ok sobat sekian dulu postingan kali ini , semoga ulasan tentang cara mengatasi HP android yang terkena air agar tidak rusak diatas bisa bermanfaat untuk semuanya. Selamat mencoba !!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel