Informasi teknologi terupdate dan terpercaya
Tips  

Xiaomi Tidak Konek Ke Mi PC Suite? Begini Cara Mengatasinya

xiaomi tidak konek ke mi pc suite
xiaomi tidak konek ke mi pc suite

TEKNODIARY – Mi PC Suite merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengkoneksikan ponsel Xiaomi sobat ke perangkat komputer, dengan menghubungkan kedua perangkat tersebut sobat bisa dengan mudah mengoperasikan hp Xiaomi kalian melalui PC maupun laptop.

Setelah device Xiaomi terkoneksi maka secara otomatis program Mi PC Suite akan mendeteksi tipe perangkat Xiaomi yang kalian gunakan. Namun pada beberapa khasus yang kami temui, masih ada sebagian pengguna yang mengalami masalah, dimana smartphone Xiaomi yang mereka gunakan tidak bisa terhubung dengan Mi PC Suite tersebut.

Untuk sobat yang mengalaminya, berikut ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi Xiaomi tidak konek ke Mi PC Suite dengan mudah.

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa konek ke Mi PC Suite

Setelah hp Xiaomi terhubung ke Mi PC Suite, kalian bisa bebas mengelola semua sistem yang ada di android kalian. Seperti contohnya melakukan backup dan restore data, menginstal aplikasi, mengcopy file, melakukan flashing Xiaomi dan update firmware / ROM  sobat.
Namun jika kalian mengalami masalah ketika ingin mengkoneksikan Xiaomi ke Mi PC Suite, sobat bisa mengikuti beberapa tips yang sudah kami siapkan dibawah ini.

1. Cek kondisi kabel USB

Kabel USB merupakan perantara untuk menghubungkan hp Xiaomi kalian ke PC, kondisi kabel data yang kurang bagus juga bisa menyebabkan Xiaomi tidak bisa konek ke Mi PC Suite dengan baik. Ini merupakan permasalah umum yang seringkali terjadi, apalagi jika sobat tidak menggunakan USB ori Xiaomi, bisa jadi itu merupakan faktor utamanya.

2. Cek drivernya

Pada beberapa perangkat android, ketika dihubungkan ke PC secara otomatis akan menginstal driver USB nya, namun tidak semua perangkat komputer bisa melakukan hal itu. Terkadang kita harus melakukan cara manual untuk menginstal driver USB nya. Jadi pastikan di PC sobat sudah terinstal driver yang sesuai dengan device Xiaomi kalian. Untuk mengeceknya kalian bisa membuka menu “Start” >>> “Computer” (klik kanan) >>> “Properties” >>> lalu pilih “Device manager”.

3. Gunakan Mi PC Suite versi terbaru

Mengingat sekarang ini banyak sekali hp Xiaomi dengan tipe baru, maka ada baiknya jika sobat juga menggunakan versi Mi PC Suite yang terbaru pula. Jika sobat termasuk pengguna Xiaomi tipe lama, yang dikawatirkan Mi PC Suite nya tidak mau sinkron dengan perangkat kalian.

4. Upgrade OS

Penyebab selanjutnya yaitu masalah OS atau firmware yang sobat gunakan pada hp Xiaomi kalian, jika smartphone kalian masih mendapatkan update firmware, segeralah melakukan update via OTA. Kenapa harus mengupdate sistem operasinya? yuph, firmware baru tentunya memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan firmware yang lama. Karena siapa tahu, pada versi firmware yang kalian gunakan saat ini masih belum mendukung untuk konek ke Mi PC Suite.

Tambahan

Pada beberapa keluhan teman-teman yang kami temui, mereka juga sering mengalami Xiaomi tidak bisa konek ke Mi PC Suite dengan munculnya notifikasi “You need update your device to use mi pc suite”, khususnya untuk tipe Xiaomi terbaru seperti Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi 5a dll.
Meskipun device sudah terdeteksi oleh perangkat komputer namun, masih tidak bisa konek ke Mi PC Suite tersebut. Dari pesan yang muncul, kalian disuruh untuk mengupgrade OS agar bisa menggunakan fitur Mi PC Suite, namun pada kenyataannya setelah melakukan update hasilnya tetap sama saja.
Sebenarnya bukan perangkat Xiaomi kalian yang bermasalah, melainkan software Mi PC Suite nya yang mengalami masalah, dimana tool tersebut masih ada bug yang belum bisa diatasi sampai saat ini.
Jadi jika kebetulan sobat menggunakan ponsel Xiaomi tipe terbaru khususnya dengan OS android Marsmallow ke atas, jangan kaget jika kalian mengalami hal tersebut.
Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengatasi Xiaomi tidak bisa konek ke Mi PC Suite kali ini. Semoga dengan adanya ulasan diatas bisa sedikit membantu sobat semua yang mengalami masalah tidak bisa terhubung dengan Mi PC Suite.