Hindari 5 Kebiasaan Ini ! Agar Ponselmu Tidak Cepat Rusak

Saat ini gadget memang sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi semua orang, dan hampir setiap jam aktifitas kita kini ditemani oleh smartphone. Untuk itu sobat perlu merawat dan menjaga kondisi ponsel agar tidak cepat rusak.

Namun pada kenyataannya masih ada beberapa pengguna yang melakukan kebiasaan buruk pada ponselnya, sehingga menyebabkan smartphone tersebut tidak awet.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut ini kami akan membahas tentang kebiasaan buruk yang harus kalian hindari saat sedang menggunakan smartphone agar ponsel kalian tidak cepat rusak, sehingga bisa awet sampai bertahun-bertahun.

kebiasaan yang membuat ponsel cepat rusak

Kebiasaan buruk yang membuat ponsel cepat rusak


Masalah umum yang sering terjadi dikalangan pengguna smartphone biasanya adalah kerusakan pada baterainya, namun tidak jarang pula ada hal lain yang membuat ponsel kalian bisa rusak, seperti contohnya hardware dan softwarenya.

Jika sobat termasuk pengguna ponsel kelas atas yang memiliki harga yang mahal, pastinya tidak mau kan jika sampai smartphone yang kalian miliki rusak? untuk itu silahkan simak beberapa kebiasaan buruk saat menggunakan ponsel berikut agar smartphone sobat tetap awet.


1. Jangan gunakan charger yang tidak original


Terkhusus bagi sobat yang membeli hp dalam kondisi second, biasanya accessories seperti charger yang dibawakan dalam paketnya tidak ori. Mengecas hp dengan menggunakan charger yang bukan originalnya bisa berdampak buruk pada baterainya, sehingga lama kelamaan baterai ponsel kalian akan drop atau bahkan mengembung sehingga tidak bisa digunakan lagi.


2. Jangan mencharger sambil digunakan


Hayo siapa yang hobinya gaming?  nggak ada salahnya kog jika kalian memiliki hobi bermain game, baik game online maupun offline. Namun meskipun begitu, terkadang saat sedang asik bermain game kita sering melakukan hal buruk yaitu sambil mengecasnya.

Mencharger hp sambil digunakan juga bisa menjadi penyebab rusaknya baterai pada ponsel, dimana saat kalian melakukan hal tersebut akan ada arus keluar dan masuk dalam waktu yang bersamaan sehingga menyebabkan arus listrik pada baterai tidak stabil.


3. Jangan mencharger secara berlebihan


Setiap baterai smartphone pasti memiliki kapasitas yang berbeda-beda, ada yang 3000mAh, 4000mAh bahkan 5000mAh. Dengan berbagai kapasitas yang beragam tersebut, tentu saja setiap ponsel memiliki waktu pengisian yang bermacam-macam ada yang cepat ada pula yang lambat hingga berjam-jam.

Nah, ini yang perlu kalian perhatikan, terlalu lama mengecas ponsel juga tidak baik untuk kesehatan baterai. Meskipun setiap smartphone sudah dibekali teknologi yang bisa membuat arus listrik terhenti secara otomatis saat baterai ponsel sudah penuh, namun itu bukan sebuah jaminan bisa membuat smartphone kalian aman. Jadi akan lebih baik jika sobat segera mencabut charger jika memang sudah terisi 100 %.


4. Jangan mengecas setelah betarai habis 0 %


Mengecas dalam kondisi baterai habis total hingga 0% bisa beresiko menyebabkan baterai pada smartphone cepat aus. Jadi untuk kalian yang memiliki kebiasaan tersebut, mulai sekarang jangan diulangi lagi ya, agar ponsel kamu tidak cepat rusak. Terus sisa berapa persen dong yang bagus saat mengecas? charger lah smartphone kamu saat kondisi baterai tersisa 5-10 %.


5. Jangan di root


Meskipun android merupakan salah satu sistem operasi yang berbasis open source, namun bukan berarti kalian bisa bebas memodifikasi smartphone kalian. Jika memang sudah paham seluk beluk sistemnya sih nggak masalah, namun untuk sobat yang awam jangan sekali-kali melakukan rooting pada ponsel kalian.

Beberapa efek negatif proses rooting atau modifikasi yang tidak benar bisa menyebabkan ponsel kalian menjadi bootloop (stuck di logo), hang atau blank, bahkan mati total. Hmmm, serem banget kan !!!.

Baca juga :
7 Tips Merawat Smartphone Android Agar Tetap Awet Hingga Bertahun-tahun

Nah sobat, itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus kalian hindari saat sedang menggunakan ponsel agar smartphone kalian tidak cepat rusak. Demikian postingan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel