Informasi teknologi terupdate dan terpercaya
Tips  

6 Cara Mengatasi Kamera Tidak Dapat Terhubung Pada HP Android

6 Cara Mengatasi Kamera Tidak Dapat Terhubung Pada HP Android
6 Cara Mengatasi Kamera Tidak Dapat Terhubung Pada HP Android

TEKNODIARY – Kamera merupakan salah satu fitur android yang paling sering di gunakan oleh kebanyakan orang. Entah itu untuk foto maupun merekam video, mereka bisa menggunakan kamera android untuk mengabadikan setiap moment-moment penting.

Terkadang juga ada yang menggunakan kamera smartphone untuk urusan pekerjaan, karena memang dia seorang fotografi atau pencari berita. Disaat sobat tidak sedang membawa kamera utama, maka fitur kamera pada smartphone bisa menjadi solusinya.

Namun pernahkah sobat mengalami, disaat ingin menggunakan kamera android tidak dapat terhubung atau mengalami error, sehingga aplikasi kamera di android tidak bisa dibuka. Jika sudah begitu maka akan sangat merepotkan, apalagi sobat sedang membutuhkan fitur tersebut untuk memotret suatu objek.

cara mengatasi kamera tidak terhubung di android

 

Cara mengatasi kamera tidak bisa terhubung di hp android

Ada beberapa faktor yang mengebabkan kamera android error sehingga muncul notifikasi seperti “Cannot Connect to Camera” atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera”. Salah satu penyebabnya adalah terjadi crash pada hardware atau software nya, baik itu ponsel Samsung, Xiaomi, Asus, Sony, Oppo, Lenovo, Evercoss maupun merk hp yang lainnya pasti bisa mengalami hal tersebut.

1. Paksa berhenti aplikasi kamera dan hapus cache datanya

Cara mengatasi kamera yang tidak bisa konek pertama adalah dengan memberhentikan paksa app kamera bawaan pada android. Siapa tahu yang menyebabkan error pada kamera android tersebut karena terjadinya penumpukan file sampah pada aplikasi, jadi sobat harus menghapus cache datanya. Untuk caranya silahkan masuk ke menu Settings >>> Apps >>> Geser ke kiri sampai sobat menemukan tab All Apps >>> Kemudian scroll kebawah dan cari aplikasi Camera >>> Klik pada aplikasinya >>> Pilih Force Stop >>> Clear data.

2. Instal aplikasi anti virus dan lakukan scanning

Virus tidak hanya berdiam diri merusak software pada smartphone tetapi mereka juga bisa membuat hardware menjadi error. Cara memperbaiki aplikasi kamera yang tidak terhubung ini merupakan metode paling ampuh, yaitu sobat instal terlebih dahulu aplikasi anti virus kemudian lakukan scanning. Jika ada virus terdeteksi segera hapus virus tersebut, setelah itu reboot ponsel kalian dan nyalakan kembali.

3. Lakukan Factory data reset

Cara berikutnya yang bisa kalian coba untuk memperbaiki kamera android yang error adalah dengan melakukan Factory data reset. Perlu sobat ketahui, melakukan reset data akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam memori internal. Jadi sebelum mengembalikan setelan ke pengaturan pabrik, ada baiknya jika kalian melakukan backup data terlebih dahulu.
Untuk melakukan factory reset bisa dilakukan dengan menggunakan dua metode, cara yang pertama melalui menu Settings >>> Backup & Reset >>> Factory Data Reset >>> Centang pada bagian Erase Internal Storage >>> Erase Everything. Sedangkan cara yang kedua yaitu melalui recovery mode, caranya matikan ponsel android sobat kemudian hidupkan kembali dengan menekan dan tahan tombol Volume atas + Power secara bersamaan, tunggu sampai masuk ke menu recovery kemudian pilih menu Wipe data / factory reset.

4. Instal aplikasi kamera yang lain

Sekarang ini banyak sekali aplikasi kamera pihak ketiga yang beredar di Google Play Store. Jika aplikasi kamera bawaan android tidak bisa dibuka, sobat bisa mengintal aplikasi pihak ketiga sebagai gantinya. Untuk fiturnya mungkin akan sedikit lebih lengkap dari aplikasi kamera bawaan, namun hasil kameranya sama saja. Salah satu contoh aplikasi yang bisa sobat unduh adalah Open Kamera.

5. Cek flexible atau konektor pada hardware kamera

Nah, untuk melakukan cara yang satu ini sobat harus membongkar smartphone. Karena kita akan langsung melakukan pengecekan pada bagian hardware nya. Kamera gagal terhubung / konek, biasanya disebabkan karena konektor pada hardware kamera terlepas. Entah itu penyebabnya karena jatuh atau terkena guncangan, semuanya bisa saja terjadi. Jika pada bagian flexible nya ada yang copot , maka sambungkan kembali ke konektornya. Kemudian restart ponsel sobat.

6. Lakukan metode flashing

Flashing adalah sebuah metode insal ulang OS pada suatu perangkat, tidak hanya pada Laptop / komputer saja namun juga bisa dilakukan pada hp android. Ini merupakan cara paling ampuh untuk memperbaiki kamera android yang mengalami masalah. Karena siapa tahu pada sistem operasi smartphone sobat sedang mengalami crash, jadi melakukan metode flash adalah langkah paling tepat.
Nah sobat, itulah 6 cara mengatasi kamera tidak dapat terhubung pada android yang bisa kalian coba. Semoga dengan adanya ulasan diatas bisa memperbaiki aplikasi kamera android yang mengalami error di HP sobat. Selamat mencoba.