Informasi teknologi terupdate dan terpercaya
Tips  

5 Cara Mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” Di Hp Android

TEKNODIARY – Sayangnya Galeri telah berhenti merupakan suatu permasalahan yang sering kita jumpai pada beberapa tipe ponsel android. Baik itu di galeri Samsung, galeri Asus, galeri Sony, galeri Xiaomi, galeri Evercoss dan yang lainnya.

Fungsi galeri sendiri adalah untuk membuka jenis file seperti gambar / image, gif, dan video. Untuk mengatasi aplikasi galeri android tidak merespon maupun unfortunately gallery has stopped sangatlah mudah, namun bagi sobat yang awam dalam menggunakan android tentu akan sangat sulit.

Aplikasi galeri android yang error biasanya di tandai oleh notifikasi seperti “sayangnya galeri telah berhenti“, “unfortunately gallery has stopped”, “galeri tidak merespon”, bisa juga “berhenti secara paksa” atau “force stop”. Dengan munculnya tanda tersebut, maka kita tidak bisa membuka galeri android. Nah bagaimana cara mengatasi jika galeri sobat tiba-tiba berhenti?.

sayangnya galeri telah berhenti

Cara mengatasi sayangnya galeri telah berhenti di android

Semua merk dan tipe hp android pada dasarnya sudah dibekali oleh aplikasi galeri bawaan yang akan memudahkan para penggunanya untuk membuka file foto / gambar. Tidak hanya android Samsung saja, hp Asus, Xiaomi, LG, Evercoss, Sony dan merk maupun tipe hp android yang lainnya pun juga ada aplikasi galerinya.

Galeri android memiliki sistem kerja dimana aplikasi tersebut secara otomatis akan melakukan scanner file berformat JPG, gif, JPEG, maupun PNG yang tersimpan di memori internal dan memori eksternal. Ok langsung saja ikuti tutorial bagaimana cara mengatasi galeri yang tidak bisa buka berikut ini :

1. Melakukan reboot pada hp android

Mereboot smartphone android merupakan cara pertama yang bisa sobat lakukan jika aplikasi galeri android sobat muncul notifikasi seperti yang kami sebutkan diatas. Sobat bisa melakukannya dengan cara mencabut baterai langsung dengan catatan jika android sobat mengalami macet, namun jika kondisi normal / tidak macet maka lakukan reboot dengan melalui tombol power.

2. Paksa berhenti dan hapus cache aplikasi galeri

Jika dengan melakukan reboot layar ponsel android sobat tetap saja muncul notifikasi “sayangnya galeri telah berhenti” maka coba masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi > Kemudian cari aplikasi Galeri > pilih menu Paksa berhenti / Force stop jika sobat menggunakan bahasa Inggris. Setelah itu cari menu hapus cache

3. Melakukan factory reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik

Cara ketiga yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi galeri android yang tiba-tiba berhenti adalah dengan melakukan factory reset atau biasa kita sebut dengan menghapus semua data internal yang ada pada ponsel.

Untuk melakukan factory reset sobat bisa lakukan dengan menggunakan 2 metode, metode yang pertama dengan melalui menu Pengaturan > Buat cadangan & setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik. metode yang kedua sobat bisa melakukannya melalui Recovery mode matikan ponsel android sobat kemudian tekan dan tahan tombol volume atas + power (jika tidak bisa coba gunakan tombol volume atas + power karena setiap tipe ponsel android memiliki cara yang berbeda).

4. Lakukan metode flashing

Cara terbaik untuk mengatasi sayangnya galeri telah berhenti adalah dengan melakukan flashing ulang pada hp android sobat. Flashing merupakan metode instal ulang OS sehingga akan memperbaiki dan mengembalikan sistem yang mengalami error.

Untuk melakukan flashing sangatlah mudah, persiapkan laptop / PC, software flashing, driver dan firmware sesuai dengan jenis ponsel android yang sobat miliki. Atau sobat bisa melakukan request dengan meninggalkan komentar dibawah ini, maka akan saya jelaskan tutorial lengkapnya tentang flashing sesuai dengan tipe android yang sobat punya.

5. Instal aplikasi pihak ketiga

Namun jika sobat tidak mau repot melakukan flashing maka gunakan aplikasi galeri pihak ketiga yang bisa sobat cari di Google Play store seperti salah satunya adalah QuickPic. Quicpic merupakan aplikasi galeri yang memiliki fitur yang sama seperti galeri bawaan android, dimana sobat bisa membuka file foto dan melakukan pengeditan dan yang lainnya.

Baca juga :

5 cara mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” di Hp android diatas merupakan metode paling ampuh yang bisa kamu coba. Sering-seringlah kamu mengecek file sampah yang ada di ponsel android kalian, karena file cache juga bisa mengurangi kinerja hp android kalian, sehingga bisa menyebabkan error pada Galeri android kamu.