Informasi teknologi terupdate dan terpercaya

Perbedaan iPhone 6 Dan 6s, Mana Yang Lebih Tangguh

TEKNODIARY – Apple selalu menghadirkan produk gadgetnya dengan kualitas yang tidak tanggung-tanggung, hal ini terbukti pada setiap smartphone yang dirilis mereka membekalinya dengan fitur-fitur canggih dan bahan material yang berkualitas seperti yang akan kami bahas kali ini adalah iPhone 6 dan iPhone 6s.

Kedua ponsel tersebut jika dilihat sekilas memiliki kesamaan, namun ternyata ada beberapa perbedaan yang menonjol yaitu pada spesifikasi serta perangkat hardware nya, sehingga sudah dipastikan perfomanya pasti juga berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak perbedaan iPhone 6 dan 6s berikut ini.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s

Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6s

Dari segi fisik kedua smartphone tersebut nyaris sama, sehingga kita tidak bisa mengetahui perbedaan iPhone 6 vs iPhone 6s ini. Namun jika kita lihat lebih jauh, kalian akan menemukan beberapa fitur serta spesifikasi yang lebih kontras dari keduanya.

1. iPhone 6 vs iPhone 6s : Desain

Di bagian desain iPhone 6 vs iPhone iPhone 6s memang miliki kesamaan, dimana keduanya memiliki bodi yang berbahan dari aluminium kelas premium. Meskipun begitu perbedaan iPhone 6 dan 6s  tetap ada, dimana bahan material yang digunakan pada iPhone 6s lebih bagus karena menggunakan aluminium 7000 yang diklaim lebih kuat jika terkena benturan. Sehingga secara bobot dan dan ketebalannya pun sangat berbeda dengan iPhone 6.
iPhone 6 hanya memiliki berat 129 gram dengan tebal 6.9 mm, berbeda dengan generasi penerusnya iPhone 6s yang memilki bobot 143gram dan ketebalan 7.1 mm. Dari segi dimensi keduanya juga mempunyai perbedaan yang mencolok untuk panjang dan lebarnya, iPhone 6 memiliki panjang 138.1 dan lebar 67, sedangkan iPhone 6s berubah menjadi 138.3 x 67.1.

2. iPhone 6 vs iPhone 6s : Layar

Keduanya mengadopsi teknologi layar yang sama yakni menggunakan Retina HD Led-Baclit dengan ukuran layar 4.7 inch yang memiliki tingkat resolus hingga 1334 x 750 pixel serta tingkat kerapatan layar 326ppi. Sedangkan untuk pelindungnya iPhone 6 vs iPhone 6s juga menggunakan bahan yang sama yaitu Ion-strengthened glass dan oleophobic coating.
Meskipun begitu, layar iPhone 6s masih lebih unggul karena sudah dibekali fitur 3D Display, dimana fitur tersebut bisa digunakan untuk membedakan sentuhan seperti tekanan, ketukan, dan tekanan keras. Perbedaan iPhone 6 vs 6s tersebut sangat mencolok sekali bukan?.

3. iPhone 6 vs iPhone 6s : Performa dan konektifitas

Perbedaan iPhone 6 dan 6s berikut nya yaitu iPhone 6s dibekali chipset A9 dengan memori RAM 2GB, sedangkan iPhone 6 masih menggunakan chipset A8 serta memori RAM 1GB. Dengan perbedaan tersebut, tentu saja performa iPhone 6s jauh lebih unggul. Ditambah lagi pada iPhone 6s sudah menggunakan IOS 9, namun lain halnya dengan iPhone 6 yang masih menggunakan IOS 8.
Untuk masalah konektifitas, keduanya sudah dibekali fitur 4G LTE yang sangat cepat, namun meskipun begitu tetap ada perbedaan dalam kecepatannya. Karena iPhone 6s dibekali 4G LTE kategori 6 yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 300/50Mbps, sedangkan untuk iPhone 6 masih menggunakan 4G LTE kategori 4 dengan kecepatan 150/50Mbps saja.

4. iPhone 6 vs iPhone 6s : Kamera

Keunggulan ponsel iPhone daridulu terletak pada kameranya, dimana Apple selalu menggunakan hardware terbaiknya untuk menghasilkan kualitas foto yang sangat bagus di segala kondisi. Hal tersebut juga diterapkan pada iPhone 6 dan iPhone 6s, meskipun sama-sama memiliki kualitas kamera yang bagus namun tetap ada perbedaan soal resolusi yang digunakan.
Dimana iPhone 6 dibekali kamera belakang 8 MP dan 1.2 MP untuk kamera depannya, sedangkan untuk iPhone 6s mengalami perubahan yang cukup signifikan yaitu untuk kamera utamanya sudah dibekali kamera 12 MP dan pada kamera depannya 5 MP. Dari perbedaan tersebut, tentu saja hasil fotonya akan lebih bagus iPhone 6s dibandingkan iPhone 6.

5. iPhone 6 vs iPhone 6s : Baterai

Inilah perbedaan iPhone 6 dan 6s selanjutnya yaitu terletak pada sektor daya, keduanya juga memiliki kapasitas baterai yang berbeda dimana iPhone 6 dibekali baterai dengan kapasitas 1810mAh sedangkan untuk iPhone 6s memiliki kapasitas yang lebih kecil yakni 1715mAh. Disini bisa kita lihat, untuk masalah daya iPhone 6 lebih unggul daripada iPhone 6s.
Meskipun begitu kedua smartphone tersebut memiliki jenis baterai yang sama yakni sama-sama menggunakan Li-Po Non-Removable.
Nah sobat, itu tadi adalah beberapa Perbedaan iPhone 6 dan 6s yang bisa kami ulas untuk kalian. Jika dilihat dari uraian diatas, iPhone 6s jelas jauh lebih unggul dibandingkan iPhone 6 pada beberapa sektor.