9 Tips Memilih Smartphone Android Second Sebelum Kamu Membelinya


Ada beberapa alasan orang membeli smartphone dalam kondisi bekas, seperti salah satunya karena harganya yang murah. Meskipun saat ini sudah banyak hp android yang menawarkan harga cukup murah, namun mereka tetap memilih ponsel bekas dibandingkan yang baru.

Bahkan sekarang juga ada lo smartphone baru yang harganya dibawah 500 ribuan, tetapi untuk masalah spesifikasinya sepertinya masih jauh dari harapan yang kita inginkan. Itulah sebabnya banyak orang yang lebih memilih hp android bekas, karena dengan harga bekas kita bisa mendapatkan hp android yang memiliki spek lebih tinggi.

Nah bagi sobat yang ingin membeli smartphone dalam kondisi second, disini kami memiliki beberapa tips memilih handphone android bekas sebelum nanti anda membelinya. Yuk, simak dibawah ini !!!.

tips memilih smartphone android second

Cara memilih hp android second yang berkualitas


Ketatnya persaingan jual beli ponsel android second kini semakin banyak kecurangan yang dilakukan oleh si penjual. Dengan iming-iming harga android yang murah, terkadang membuat kita terlena dan pada akhirnya tertipu dengan kualitas barang tersebut. Untuk itu ikuti tips memilih smartphone bekas yang berkualitas berikut ini :


1. Cek garansi smartphone


Tidak banyak smartphone second yang masih memiliki garansi, namun tidak ada salahnya jika sobat mengecek garansi tersebut. Ya siapa tahu ponsel itu di pakai hanya beberapa minggu saja oleh pemiliknya, dan karena butuh uang akhirnya dia menjualnya. Dengan begitu ponsel tersebut sudah pasti masih ada garansinya, asalkan si penjual membeli hp tersebut dalam kondisi baru.


2. Mengecek segel mesin


Untuk memilih smartphone second yang bagus pastikan jika segelnya masih menempel pada mesin. Namun jika ponsel bekas yang anda beli merupakan tipe terbaru biasanya segel tidak menempel pada mesinnya, tetapi segel ada di casing belakangnya. Kalau masih ragu dengan segelnya, sobat bisa mengecek kondisi baut dan celah casingnya apakah ada yang lecet atau tidak? jika tidak ada yang lecet berarti kondisi hp tersebut masih segel dan belum pernah di service hardwarenya.


3.  Cek fitur software


Satu lagi yang bisa kalian lakukan sebelum membeli smartphone bekas adalah dengan cara mengecek kondisi softwarenya. Karena siapa tahu si penjual merupakan ahli opreker, sehingga hp tersebut sudah dalam kondisi root dan di modifikasi ROM nya. Pastikan jika masih menggunakan ROM asli bawaan dan belum di root sama sekali. Selain itu sobat juga bisa mengecek fitur lainnya seperti Bluetooth, Wifi, Hotspot dll.


4. Cek kondisi signal


Hal ini mungkin sering kalian lupakan ketika membeli ponsel bekas, padahal sinyal adalah hal yang sangat penting. Pastikan jika sinyal dalam kondisi yang bagus meskipun digunakan dalam mode apapun seperti Edge, 3G, HSDPA, maupun 4G. Jika sinyal mengindikasikan dalam keadaan yang lemah, sudah bisa di pastikan PA sinyalnya mengalami masalah.


5. Cek kondisi baterai


Selanjutnya yang harus sobat cek sebelum memilih hp bekas adalah kondisi baterainya. Untuk mengecek keadaan baterai hp yang masih bagus bisa sobat lakukan dengan cara menggunakannya bermainkan game, internetan, memainkan musik atau yang lainnya. Jika betarai cepat habis, berarti kondisinya memang sudah tidak bagus, meskipun betarai tersebut tidak terlihat kembung.


6. Cek kondisi casing


Agar harga jual ponsel second yang anda beli tetap stabil, cek kondisi casingnya. Karena kalau ada lecet atau goresan maka harga jualnya bisa anjlok parah jika suatu saat sobat berniat untuk menjualnya kembali.


7. Cek keaslian smartphone


Seperti yang kita tahu sekarang ini banyak sekali smartphone android tiruan yang beredar di pasaran, baik itu Samsung, Sony Xperia, Iphone dll. Untuk itu mengecek keaslian produk yang anda beli sangatlah penting, karena jika sampai sobat membeli barang tiruan bisa-bisa malah rugi besar. Bagaiaman cara mengetahui hp tersebut replika atau bukan? Gampang, sobat tinggal mengecek nomor IMEI nya melalui dial *#06#, catat nomor IMEI nya kemudian cek memalui situs www.imei.info.


8. Cek kelengkapan hp


Nah untuk yang satu ini masih ada hubungannya dengan mengecek kondisi casing diatas. Mengecek kelengkapan smartphone itu juga sangat penting agar harga nya tetap stabil. Selain itu jika kondisi hp bekas yang ingin anda beli tidak lengkap, maka lebih baik tidak usah di beli karena yang ditakutkan hp tersebut merupakan barang curian.


9. Cek harga pasaran ponsel bekas


Bagi sobat yang awam mengenai harga smartphone bekas, mengecek harga pasaran hp bekas sangatlah penting. Karena jika sampai tidak tahu harga pasarannya, sobat bisa terjebak dan akhirnya membeli ponsel bekas tersebut dengan harga yang tinggi.

Baca juga :

Nah sobat, itulah beberapa tips memilih smartphone android second yang bagus sebelum nanti anda membelinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Click to comment