Cara Partisi SD Card Tanpa PC Untuk Menambah Memori Internal Di HP Android



Memang kebanyakan smartphone android tipe terbaru saat ini sudah dibekali kapasitas memori internal yang cukup besar, ada yang 16GB, 32GB, 64GB bahkan sampai 128GB. Dengan ruang penyimpanan sebesar itu kalian bisa menginstal ratusan aplikasi dan game tanpa menggunakan SD Card.

Tetapi untuk sobat yang masih setia merawat hp android nya dengan spesifikasi penyimpanan internal kecil, tentu saja itu akan menjadi masalah. Pasalnya kalian tidak bisa menginstal banyak aplikasi di dalam smartphone anda. Meskipun sudah ditambahkan dengan memori eksternal, namun terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di pindah ke kartu memori.

Jika sudah begitu, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan partisi. Nah bagi sobat yang belum tahu cara partisi SD Card tanpa PC berikut ini kami akan memberikan tutorial lengkapnya. Yuk, simak ulasannya dibawah ini.


Cara mempartisi SD Card android tanpa PC


Mempartisi SD Card untuk menambah memori internal di android itu sangatlah perlu terutama bagi kalian yang hobi mendownload bermacam-macam aplikasi. Selain anda bisa menginstal banyak aplikasi di hp android, dengan bertambahnya kapasitas ruang penyimpanan internal ponsel android kalian tidak akan mudah lemot.
Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan android sobat sudah dalam kondisi root karena nanti kita akan membutuhkan aplikasi yang notabennya membutuhkan akses rooting. Untuk tutorial rootnya kalian bisa mencari di internet sesuai dengan tipe hp android yang kalian miliki.

Langkah - langkah :
  • Instal terlebih dahulu aplikasi Android partition tool (AParterd).
Android partition tool

Google Play Store

Baca juga :

  • Setelah aplikasi AParted terinstal jangan dibuka dulu, silahkan masuk menu Setting / Pengaturan >>> Storage >>> Unmount SD Card.
  • Kemudian buka aplikasi AParted dan tekan "icon Plus yang berwarna hijau" sebanyak 3X, disitu akan terbentuk 3 partisi yang nanti harus kalian ubah jenisnya.
  • Untuk partisi yang pertama (paling atas) silahkan ubah ke "Fat32".
  • Partisi yang kedua (tengah) silahkan ubah menjadi "Ext2".
  • Partisi yang ketiga (paling bawah) silahkan ubah menjadi "Swap".
  • Setelah semua dirubah, kini saat nya untuk menentukan kapasitas memori SD Card yang ingin kalian partisi dengan cara menggeser menu panel ke arah kanan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan batas maksimal memori eksternal yang anda miliki.
  • Langkah berikutnya klik pada menu "Appli Changes", jika ada notifikasi klik "OK".
  • Nah yang terakhir, agar efek partisi tersebut bisa berjalan silahkan reboot / restart HP android sobat.
  • Selesai.

Baca juga :

Demikian postingan tentang Cara Partisi SD Card Tanpa PC Untuk Menambah Memori Internal Di HP Android kali ini. Semoga dengan adanya tutorial diatas bisa membantu kalian yang ingin menambahkan kapasitas penyimpanan internal di smartphone android dengan mudah.

Click to comment