7 Tips Merawat Smartphone Android Agar Tetap Awet Hingga Bertahun-tahun



Smartphone android kini tidak hanya sekedar alat telekomunikasi saja, melainkan sebagai perangkat yang bisa menemani aktifitas kita sehari-hari. Mulai dari mendengarkan musik, main game online, streaming video, chatting dll.

cara merawat smartphone android

Nah sebagai pengguna ponsel pintar, terkadang banyak pemilik gadget yang tidak terlalu memperhatikan kesehatan smartphone tersebut. Maka tidak heran jika membuat hp cepat rusak sehingga tidak bisa di pakai lagi.


Cara merawat hp android agar tidak cepat rusak


Merawat smartphone itu sangatlah penting, terutama bagi sobat yang tidak terlalu hobi gonta-ganti hp dan ingin lebih menghemat pengeluaran. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips sederhana merawat hp android agar tidak cepat rusak, sehingga awet digunakan sampai bertahun-tahun. 


1. Pasang tempered glass


Jaman semakin canggih mendorong orang untuk menciptakan barang yang bermanfaat guna melindungi smartphone yang kita miliki, salah satunya adalah tempered glass. Fungi utama dari pelindung ini selain untuk melindungi layar dari goresan juga bisa digunakan untuk melindungi smartphone jika suatu ketika anda secara tidak sengaja menjatuhkannya, sehingga layar / LCD hp akan tetap aman.


2. Jauhkan dari tempat yang panas


Suhu yang terlalu panas seperti sinar matahari sangat tidak baik untuk kesehatan ponsel, terutama pada bagian LCD nya. Jika LCD terlalu sering terkena panas matahari ataupun karena panas yang lain, maka yang terjadi adalah tingkat ketajaman warnanya semakin berkurang. Seperti yang terjadi pada smartphone saya, LCD nya menjadi kekuning-kuningan.


3. Jangan gunakan ponsel sampai men-charger


Nah, untuk yang satu ini mungkin sobat semua pernah melakukannya. Saking asiknya bermain game, chatting, atau teleponan sampai membuat kita lupa bahwa kita sedang menggunakan smartphone dalam keadaan sambil di charger. Jika itu sering sobat lakukan maka yang terjadi baterai hp cepat habis / rusak, kalau sudah begitu mau tidak mau anda harus menggantinya dengan baterai yang baru. Untuk itu mulai sekarang hindari hal tersebut, agar handphone anda tetap awet.


4. Lakukan factory reset setiap 1 bulan sekali


Perlu sobat ketahui bahwa setiap hari smartphone selalu mengolah data yang berasal dari aplikasi bawaan maupun yang anda unduh. Dari data yang di olah tersebut sebagian menjadi file sampah, sehingga jika terlalu lama dibiarkan bisa menyebabkan hp android menjadi lemot. Untuk itu, lakukan reset data pabrik setiap sebulan sekali untuk membersih file sampah tersebut agar android tetap dalam kondisi yang fresh.

Baca juga :

5. Bersihkan debu yang menempel


Membersihkan debu yang menempel pada bodi / chasing hp merupakan salah satu cara merawat smartphone agar tetap awet. Karena jika debu tersebut sobat biarkan nanti bisa masuk kedalam mesin dan lama kelamaan menyebabkan terjadinya konsleting arus listrik pada komponennya. Memang terlihat sepele, namun efeknya sangat fatal.


6. Jangan instal app dan game dari sumber tidak terpercaya


Aplikasi dan game yang menarik belum tentu aman untuk smartphone sobat, karena siapa tahu orang yang membuat aplikasi dan game tersebut sudah menanamkan virus di dalamnya. Apalagi jika sobat mengunduhnya dari situs yang tidak terpercaya, maka kemungkinan hp anda terserang virus akan semakin besar. Android sudah memiliki toko sendiri yaitu Google Play Store, disana sobat bisa mendownload aplikasi maupun game secara gratis dan dijamin aman.


7. Uninstal aplikasi yang tidak perlu


Nah, salah cara menjaga smartphone agar tetap awet adalah dengan cara mencopot beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan. Hp android yang terlalu banyak aplikasi itu tidak baik, karena semakin banyak aplikasi yang berjalan bisa memberatkan RAM dan memacu kinerja CPU lebih keras sehingga menyebabkan ponsel anda cepat panas. Jika sudah begitu, maka efek terburuknya hp anda akan mati total.

Baca juga :

Dengan mengikuti beberapa tips merawat smartphone android diatas, kini hp sobat tidak akan cepat rusak. Lakukan perawatan diatas secara rutin agar ponsel anda awet digunakan sampai bertahun-tahun. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Click to comment