Cara Mudah Kalibrasi Baterai Di HP Android Tanpa Root


Kalibrasi baterai android merupakan solusi terbaik untuk memastikan kinerja baterai android sobat masih dalam keadaan yang baik atau tidak. Karena meskipun sobat sudah mencoba cara menghemat baterai android, itu tidak bisa menunjukkan kondisi baterai secara akurat.

Android sendiri memiliki sebuah sistem yang dinamakan baterai statistik yang berfungsi untuk mendeteksi kapasitas pada baterai dalam bentuk presentase. Namun terkadang sistem tersebut tidak bisa sinkron atau mengalami error sehingga presentase baterai tidak sesuai dengan jangka waktu penggunaan baterai tersebut.

Untuk itu sobat harus melakukan kalibrasi baterai agar fungsi sistem baterai statistik di android anda kembali normal dan menunjukkan presentase baterai yang akurat. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

cara kalibrasi baterai android

Cara kalibrasi baterai di hp android tanpa rooting


Ada dua cara kalibrasi baterai android yang bisa sobat coba, yaitu dengan metode rooting dan tanpa root. Namun agar lebih mudah terutama bagi sobat yang awam dalam hal root, disini kami akan memberikan tutorial kalibrasi baterai secara manual yaitu tanpa root.


Cara kalibrasi baterai secara manual


Untuk cara kalibrasi pertama ini kita akan menggunakan dengan cara manual, yaitu artinya tanpa menggunkana aplikasi bantuan. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :
  • Silahkan charger hp android sobat dalam keadaan hidup sampai penuh 100%.
  • Jika sudah penuh 100% matikan ponsel anda.
  • Kemudian lakukan pengecasan ulang, namun kali ini kita akan melakukannya dengan cara yang berbeda yaitu hp dalam konsisi mati, charger hingga penuh seperti pada langkah sebelumnya.
  • Setelah baterai android dalam kondisi penuh, nyalakan ulang kemudian charger lagi hingga full 100%.
  • Cabut konektor charger, sekarang gunakan hp android sobat untuk browsing, main game online, atau chatting sampai hp tersebut kehabisan baterai dan mati sendiri.
  • Langkah terakhir, setelah hp android anda benar-benar kehabisan daya charger lagi dalam keadaan mati sampai penuh 100%, Ingat !!! jangan mencoba menyalakannya saat sedang di cas, agar proses kalibrasi sukses.
  • Jika sudah penuh, baru nyalakan kembali hp sobat.
  • Sekarang perhatikan perbedaan sebelum melakukan kalibrasi baterai dan sesudah kalibrasi baterai, dijamin sekarang presentase baterai android akan lebih akurat.
  • Selesai.
Baca juga :

Cara kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi


Untuk cara kedua yakni sobat bisa melakukan kalibrasi baterai dengan menggunakan bantuan aplikasi Battery Calibration By NéMa. Ini merupakan aplikasi untuk mengkalibrasi baterai ponsel yang sangat bagus, meskipun terbilang aplikasi baru namun sudah banyak yang membuktikan kualitas aplikasi ini.
  •  Instal dulu aplikasi Battery Calibration By NéMa di smartphone anda.
  • Buka aplikasinya, dan colokkan hp sobat ke charger, biarkan kondisi baterai android sampai penuh dan jangan di utak-atik.
  • Setelah baterai penuh klik menu Start Calibration.
  • Kemudian cabut ponsel anda dari charger.
  • Selesai.

Bagaimana? cukup mudah kan sobat?

Baca juga :

Oh iya, jika sobat ingin menggunakan cara kalibrasi baterai android yang manual, sebaiknya jangan menggunakan tutorial tersebut terlalu sering karena efeknya bisa memperpendek usia baterai android sobat. Setidaknya lakukan metode itu dalam jangka waktu 1 bulan sekali saja.

Nah sobat itulah Cara Mudah Kalibrasi Baterai Di HP Android Tanpa Root yang bisa anda coba. Semoga dengan adanya postingan ini bisa membantu sobat semua yang mengalami masalah pada presentase / performa baterai yang tidak akurat. Selamat mencoba.

Click to comment