HP Android Kamu Sering Mati Sendiri? Begini 5 Cara Mengatasinya



Android merupakan salah satu OS yang paling banyak diminati dikalangan pengguna smartphone, karena menampilkan user interface yang sangat menarik dan memiliki banyak fitur di dalamnya. Namun tidak jarang, terkadang android juga bisa mengalami masalah, seperti sering mati sendiri / restart secara berulang-ulang.

cara mengatasi hp android mati sendiri
Pixabay.com

Pada umumnya hp mati sendiri disebabkan karena kehabisan baterai, namun bagaimana jika gejala tersebut tidak sobat temui pada smartphone anda?

Bagi orang awam akan sangat sulit mendeteksi masalah yang sebenarnya terjadi di android tersebut.
Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang bagaimana cara mengatasi hp android yang sering mati sendiri.


Cara mengatasi smartphone android yang sering mati sendiri, restart dan macet


Dalam beberapa khasus ada 3 jenis masalah yang sering dialami oleh android, selain sering mati terkadang juga melakukan restart secara berulang-ulang dan ada juga yang mengalami macet. Tidak perlu bingung, ikuti tips dibawah ini untuk mengatasi hal tesebut :


1. Pastikan kondisi baterai tidak drop


Untuk memastikan bahwa hp android sering mati, silahkan sobat cek kondisi baterainya. Jika keadaan baterai dalam kondisi buruk biasanya akan terlihat kembung. Nah segera ganti dengan baterai yang baru, karena sudah bisa dipastikan itulah penyebab matinya hp anda.

Kondisi betarai yang kembung, menandakan bahwa baterai tersebut sudah tidak layak pakai. Dan jika terus anda pasang yang ditakutkan baterai tersebut bisa meledak kapan saja ketika dalam kondisi yang sangat panas. 


2. Lakukan factory reset


Salah satu cara untuk mengatasi hp android yang sering melakukan restart adalah dengan cara melakukan reset data pabrik. Android yang lama tidak di reset memiliki banyak file sampah / cache yang tersimpan dalam memori internal, nah jika sudah melebihi batas maka bisa menyebabkan error pada sistemnya dan . Factory reset akan menghapus semua data yang tersimpan di ponsel sobat, dengan begitu file sampah yang menumpuk juga akan ikut terhapus.


3. Turunkan kecepatan CPU


Ini terkhusus sobat yang membeli ponsel android dalam kondisi bekas, biasanya kebanyakan hp second sudah di oprek (root), nah jika sudah di root biasanya si pengguna lama melakukan overclock pada CPU untuk mempercepat kinerja android tersebut. Cek dengan menggunakan aplikasi CPU Z, apakah Processor berjalan pada kecepatan normal atau lebih dari itu? jika berjalan melebihi spesifikasinya, maka turunkan kecepatannya.


4. Instal aplikasi anti virus


Dijaman sekarang ini virus tidak hanya ada di PC, melainkan di smartphone android juga sudah ada virusnya. Hp tiba-tiba mati sendiri bisa disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam operasi sistem sobat, untuk itu cara menanganinya silahkan instal aplikasi anti virus terbaik pada smartphone anda dan lakukan proses scanning. Jika ada virus yang terdeteksi, langsung hapus virus tersebut dari ponsel anda.


5. Lakukan flashing


Salah satu penyebab ponsel sering mati adalah terjadinya crash / error pada sistem operasinya. Biasanya OS yang mengalami error karena sering di modifikasi, jika salah dalam mengedit file sistem bisa berakibat buruk pada hp android anda. 

Cara mengatasi hal tersebut bisa dengan menggunakan metode flashing, yaitu sebuah proses penginstalan ulasan OS pada smartphone android, sama seperti halnya komputer / laptop. Dengan melakukan flashing, sistem operasi akan kembali seperti baru. 

Baca juga :

Nah, itulah beberapa cara simpel untuk mengatasi hp android yang sering mati sendiri, restart maupun macet yang bisa kami ulas untuk sobat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Click to comment