6 Cara Jitu Mengatasi Hp Android Yang Lemot Tanpa Root



Mungkin diantara kalian pernah merasakan ketika sedang bermain game di android rasanya berat sekali, gerakan karakter di game tersebut menjadi patah-patah atau lag.

Tidak hanya itu, saat android digunakan untuk multitasking tiba-tiba ada beberapa aplikasi yang tadinya di buka namun hilang dari menu multitasking tersebut, sehingga sobat harus membuka aplikasi tersebut dari awal lagi.

Hp lemot memang sangat mengesalkan, terutama bagi sobat yang hobi bermain game.
Suasana bermain game jadi tidak asik lagi karena saat memainkan game tersebut terjadi lag yang luar biasa, bahkan yang lebih parah game tersebut macet / force close.

Nah, bagi kalian yang mengalami hal diatas, silahkan simak bagaimana Cara mengatasi android lemot dibawah ini.

cara mengatasi android lemot

Cara mempercepat kinerja android agar tidak lemot


Untuk mengatasi hp android lemot bisa menggunakan banyak cara, salah satu cara yang paling banyak di gunakan oleh pengguna android adalah dengan rooting.

Namun cara tersebut sangat berbahaya, apalagi bagi sobat yang masih awam untuk mengoprek sistem android.

Bukannya malah mempercepat kinerja android, malah lemotnya makin parah karena salah mengoprek. Maka dari itu saya sarankan jangan menggunakan cara tersebut, karena terlalu beresiko.

Kami memiliki cara yang lebih ampuh untuk mengatasi android yang lemot. 
Ikuti tips berikut ini :


1. Instal aplikasi launcher yang ringan


Launcher adalah user interface android yang berfungsi untuk membuat dan mengatur menu yang ada di android kalian.

Seperti yang kita tahu, bahwa kebanyakan launcher bawaan android itu sangat berat, sehingga bisa membuat performa android kalian menjadi lemot dan tidak maksimal.

Untuk itu, solusi terbaiknya adalah menginstal aplikasi launcher yang memiliki ukuran kecil dan tidak memberatkan RAM pada android.

Salah satu launcher yang bisa kami rekomendasikan untuk kalian adalah Zeem launcher.

Kenapa Zeem Launcher?

Zeem launcher memiliki ukuran yang sangat kecil dibandingkan dengan launcher bawaan, yaitu dibawah 1 Mb, sangat kecil kan :D

Dengan ukuran yang sedemikian, maka RAM android akan tetap lega, dan kinerja pada android kalian juga tetap maksimal meskipun kalian gunakan untuk bermain game.


2. Jangan gunakan Aplikasi Cleaner


Banyak pengguna android yang mengatakan bahwa dengan menginstal aplikasi cleaner dapat meringankan kinerja android.

Semua itu salah!!!!

Memang, fungsi cleaner adalah membersihkan file-file sampah yang ada di folder file manager android kita. 

Namun, dengan menginstal aplikasi cleaner di android hanya akan semakin memberat RAM saja, karena aplikasi ini akan terus berjalan di latar belakang.

Untuk itu, jangan menggunakan aplikasi cleaner pada android.

Jika ingin membersihkan file sampah di file manager, kalian bisa melakukannya dengan cara manual.

3. Uninstal aplikasi yang tidak penting


Memang, tujuan kita membeli android adalah untuk menikmati berbagai fitur yang di tawarkan, namun terkadang hal tersebut sampai membuat kita tidak sadar, sehingga melewati batas pemakaian wajar.

Seperti yang saya maksud yaitu terlalu banyak menginstal aplikasi di android tersebut.

Saking asiknya mencoba aplikasi ini itu, secara tidak sadar lama kelamaan performa android jadi menurun.

Banyaknya aplikasi yang di instal juga bisa menyebabkan android lemot.

Karena akan semakin banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang, sehingga memaksa RAM dan proccesor android bekerja lebih keras.

Hal tersebut juga tidak baik untuk android kalian, karena bisa menyebabkan umur hp kalian tidak bertahan lama.


4. Mematikan animasi layar android


Android di desain dengan tampilan yang bagus, baik itu di menu, efek , maupun animasi yang sering kita jumpai di layar ponsel android kita.

Namun penggunaan efek animasi android juga bisa menjadi salah satu penyebab android menjadi lemot.

Dimana efek visual tersebut akan membuat kinerja RAM maupun chiptset di android semakin terbebani. Untuk itu, silahkan matikan efek animasi di android dengan cara masuk ke menu Opsi pengembang.

Jika di ponsel android kalian belum ada menu pengembangnya, masuk ke menu "Tentang ponsel" >>> "Build Number" klik 7x >>> Setelah itu silahkan kembali ke menu sebelumnya, maka sobat akan melihat menu "Opsi pengembang" >>> Scroll ke bawah dan "nonaktifkan" animasinya. 

5. Membersikan widget di Homescreen


Widget android merupakan salah satu fitur untuk mempercantik tampilan di menu homescreen, seperti widget cuaca, widget jam, widget galeri dll

Namun tahukah kalian? selain membuat tampilan android menjadi lebih menarik, ternyata memasang widget terlalu banyak juga bisa memberatkan RAM. 

Widget ini sama seperti aplikasi, dimana mereka juga berjalan di latar belakang.

Jadi semakin banyak kalian memasang widget di beranda launcher, maka RAM juga akan cepat penuh.

Untuk itu, agar hp android tidak lemot sebaiknya tidak perlu menggunakan widget apapun, terkecuali widget search bar Google itu tidak masalah jika sobat pasang, karena widget tersebut memang sering kita butuhkan.


6. Upgrade versi android via OTA 


Setiap vendor smartphone pasti menyediakan fitur OTA , yakni berfungsi untuk mengecek apakah ada pembaruan OS atau tidak pada ponsel android kalian.

Jika ada, maka segera lakukan upgrade OS android tersebut melalui OTA kalian masing-masing.

Melakukan update OS android memiliki banyak keuntungan, diantaranya yaitu mempercepat kinerja android, memperbaiki bug pada OS android yang sebelumnya, user interface lebih menarik, dan tentunya management RAM yang semakin baik.

Baca juga :
Nah sobat, dengan mengikuti tips yang ada diatas saya jamin kini android kalian tidak lemot lagi dan bisa kalian gunakan untuk bermain game dengan lancar tanpa lag.

Sekian dulu artikel tentang 6 cara jitu mengatasi hp android yang lemot tanpa root, keep stay here, karena akan ada artikel-artikel seputar dunia teknologi menarik yang lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Click to comment