Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstal Tanpa Root



Membackup aplikasi android sangatlah penting, terutama bagi sobat yang ingin melakukan factory reset. Entah itu karena android lemot atau mengalami error sehingga mau tidak mau sobat harus melakukan format data, karena itulah sobat perlu melakukan pencadangan aplikasi untuk berjaga-jaga.

Cara backup aplikasi android sebelum di reset bisa sobat lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi. Seperti salah satu aplikasi tersebut adalah App Backup Restore Transfer, aplikasi ini sangat ampuh dalam melakukan Backup dan Restore app.

Keuntungan menggunakan App Backup Restore Transfer yaitu sobat bisa melakukan backup aplikasi dan Game yang sudah terinstal pada hp android tanpa root. Hasil backup tersebut nantinya akan mengubah aplikasi menjadi apk, dan sewaktu-waktu file apk tersebut bisa sobat instal langsung dari kartu memori tanpa harus mendownload ulang aplikasi dari Google Play Store.

cara backup aplikasi android

Cara backup aplikasi android tanpa root


Sebenarnya banyak sekali cara backup aplikasi android, selain menggunakan App Backup Restore Transfer sobat juga bisa menggunakan aplikasi Titanium Backup Pro. Namun untuk menggunakannya sobat perlu melakukan rooting terlebih dahulu, sehingga akan merepotkan terutama bagi sobat yang awam.

Untuk itu pada kesempatan kali kami akan memberikan solusi termudah bagaimana cara backup aplikasi android dengan menggunakan aplikasi backup android tanpa root yaitu App Backup Restore Transfer. Berikut ulasan lengkapnya :

  • Pertama yang harus sobat lakukan adalah menginstal aplikasi App Backup Restore Transfer . Link tersebut akan langsung mengarah ke Google Play Store.
  • Setelah aplikasi terinstal buka aplikasinya, sobat akan melihat tampilan seperti gambar yang ada dibawah ini.
aplikasi backup android tanpa root
  • Pada tab "Terpasang" silahkan ceklis aplikasi yang ingin sobat backup, jika sudah terpilih semua klik menu "Cadangkan".
  • Tunggu beberapa saat, hingga proses pencadangan aplikasi selesai.
  • Untuk melihat hasil file backup yang berbentuk apk sobat bisa mengeceknya melalui file manager tepatnya di folder App_Backup_Restore >>> Archived.
  • Jika sobat ingin melakukan format data, maka pindahkan aplikasi yang ada di folder Archived tersebut ke memori eksternal terlebih dahulu, karena settingan default App Backup Restore Transfer aplikasi yang di backup akan tersimpan otomatis di penyimpanan internal.
  • Selesai

App Backup Restore Transfer selain bisa digunakan untuk membackup app android, aplikasi ini juga bisa sobat gunakan untuk backup data kontak, riwayat panggilan, dan sms. Satu lagi nih yang menarik, jika sobat memiliki akun Google Drive sobat juga bisa membackup aplikasi tersebut dan menyimpannya di Google Drive. 

Baca juga :

Oke sobat, demikian tutorial singkat tentang cara backup aplikasi android yang sudah terinstal tanpa root yang bisa kami ulas. Semoga postingan diatas, bisa membantu sobat semua yang ingin melakukan backup app maupun game di hp android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Click to comment