Cara Instal Aplikasi Android Di Memory Card (Memori Eksternal)



Setiap smartphone android memiliki ruang penyimpanan internal yang berfungsi untuk menginstal aplikasi ataupun menyimpan file penting lainnya.

Namun tahukah anda, untuk hp android kelas low end maupun mid end kebanyakan hanya dibekali memori internal yang kecil, sehingga tidak bisa kita gunakan untuk menginstal banyak aplikasi dan jika kita paksakan maka android bisa menjadi lemot.

Mau tidak mau kita harus menambahkan memori eksternal sebagai memori tambahan, karena memori internal sudah penuh oleh aplikasi yang terinstal pada hp android anda.
Selain itu ada keuntungan jika menambahkan slot memori eksternal pada ponsel android kita, yaitu kita bisa menginstal lebih banyak aplikasi di android kita.

Bagi anda yang awam dalam hal ini, pasti bertanya-tanya bagaimana cara menginstal aplikasi android secara otomatis di kartu sd ? Untuk itulah pada postingan kali ini akan mengulas secara lengkap bagaimana cara instal aplikasi android di memory card.

Cara Instal Aplikasi Android Di Memory Card

Cara instal aplikasi android di kartu memory eksternal


Jika android anda merupakan salah satu jenis android yang memiliki memori internal yang sangat kecil, maka solusi terbaiknya adalah dengan cara menambahkan memori eksternal.

Jadi kini anda tidak perlu bingung jika suatu ketika anda mendownload aplikasi di Play Store dan mendapati notifikasi kapasitas memori telah penuh. Karena kita bisa memanfaatkan memori eksternal sebagai jalur penginstalan aplikasi.

Berikut ini langkah-langkahnya :

Cara instal aplikasi android di eksternal memory

  • Buka menu Pengaturan / Setting (tergantung dari bahasa yang anda pakai di ponsel android anda).
  • Pilih menu Aplikasi >>> Lokasi pemasangan yang disukai >>> pilih Kartu SD yang dapat dicopot.
Setelah anda mengubah jalur penginstalan ke memory eksternal, maka setiap anda menginstal aplikasi dari Google Play Store maupun aplikasi yang berformat apk yang tersimpan di file manager akan secara otomatis terinstal di micro SD anda.

Cara memindah aplikasi internal ke eksternal memory

  
Namun bagi anda yang sudah terlanjur menginstal beberapa aplikasi ke memori internal, anda juga bisa memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal dengan catatan android anda harus sudah versi 4.2.1 Jelly Bean ke atas.

Untuk caranya, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :

Cara memindah aplikasi internal ke eksternal memory

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih menu Aplikasi >>> Kelola Apl >>> Kemudian pilih aplikasi yang akan anda pindahkan ke Kartu SD >>> Dan klik pada menu Pindah Ke Kartu SD.
Note: Tidak semua aplikasi bisa anda pindahkan ke kartu SD, karena ada beberapa aplikasi yang memang sistemnya sudah disetting agar terinstal di memori internal. Jadi pilih aplikasi yang bisa di pindah saja. Namun jika anda ingin semua aplikasi bisa dipindah ke SD card, maka android anda harus sudah memiliki otoritas root dan menggunakan bantuan aplikasi seperti Link to SD. Titanium Back up maupun aplikasi untuk memindahkan aplikasi internal ke memori internal lainnya.

Baca juga :
Oke, sobat untuk cara instal aplikasi android di memory card sebenarnya sangatlah mudah, namun saya sarankan sebelum mencoba tutorial diatas sebaiknya gunakan Micro SD class 10 agar hasilnya bisa maksimal.

Memory card class 10 memiliki kecepatan membaca data yang sangat cepat jika dibandingkan dengan micro sd yang class biasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Click to comment