Sabtu, 12 Agustus 2017

Cara Menghapus Thumbnails Di Android Secara Permanen

File thumbnail merupakan file cache atau sampah yang dihasilkan oleh aplikasi Galeri hp android kita. Jika sobat buka melalui folder maka letak file tersebut ada di folder Telepon >>> DCIM >>> .thumbnail. File thumbnail adalah sekumpulan gambar yang memiliki resolusi dan ukuran yang sangat kecil. 

Cara menghapus thumbnail di android

Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, namun jika sobat biarkan menumpuk lama kelamaan kapasitas memori internal sobat juga bisa penuh. Jika sudah begitu, efek buruknya android sobat bisa menjadi lemot dan tidak bisa sobat gunakan untuk mengintal lebih banyak lagi aplikasi di android.

Untuk itu solusi terbaiknya adalah dengan menghapus file thumbnail tersebut, agar penyimpanan internal tetap lega dan bebas dari file cache thumbnail. Yuk, simak ulasan berikut tentang bagaimana cara menghapus file thumbnail di android.


Cara menghapus file thumbnail secara permanen pada android 


Untuk menghapus file thumbnail di android yang tersimpan di memori internal maupun di memori eksternal tidaklah sulit. Sobat bisa memanfaat aplikasi file manager, seperti salah satunya adalah Root Explorer.

Root Explorer merupakan aplikasi file manager yang memiliki banyak fungsi, dimana selain menampilkan file baik itu di memori internal maupun eksternal, Root Explorer juga mampu menampilkan folder / file yang tersembunyi.

Nah dengan begitu akan memudahkan kita dalam menghapus file thumbnail, karena biasanya di beberapa versi android folder .thumbnail di setting tersembunyi (hidden) terutama jika kita membukanya melalui file manager bawaan hp. Berikut langkah-langkahnya :

  • Instal Root Explorer, sobat bisa mencari aplikasi file manager yang satu ini di Google Play Store kesayangan masing-masing.
  • Setelah terinstal silahkan buka aplikasinya dan cari file thumbnail yang ingin sobat hapus. Jika ingin menghapus thumbnail di memori internal maka cari folder memori internal >DCIM>.thumbnails, namun jika ingin menghapus thumbnails di memori eksternal maka cari folder memori ekternal>DCIM>.thumbnails.
  • Kemudian hapus folder .thumbnails tersebut.
  • Tetap berada di folder DCIM, pada opsi / pilihan menu Root explorer silahkan klik File untuk membuat File baru pada folder DCIM tersebut dan beri nama ".thumbnails" (tanpa tanda kutip). Lalu klik ok untuk menyimpan file tersebut.
  • Selesai.

Note : "File baru yang sobat beri nama .thumbnails diatas fungsinya adalah untuk menggantikan folder .thumbnails yang sebelumnya sudah sobat hapus tadi. Dengan file tersebut nantinya jika android sobat memproses file .thumbnails baru tidak akan tersimpan sehingga ukurannya tetap 0 kb dan memori internal maupun eksternal sobat tidak akan tetap lega".

Baca juga : 

Cara menghapus thumbnails di android secara permanen diatas bisa sobat terapkan pada semua tipe ponsel android, baik itu hp Samsung, Sony Xperia, Xiaomi, LG, Nokia dll. Dengan menghapus file thumbnail kini sobat tidak perlu kawatir lagi jika memori internal sampai penuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.