3 Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti Di Android


Masalah sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti bisa terjadi pada semua tipe ponsel android, baik itu Samsung, Sony Xperia, Xiaomi, Lenovo dan masih banyak lagi jenis hp android yang lainnya.

Munculnya pesan "sayangnya aplikasi telah berhenti" / "unfortunately application has stopped" pada layar android, merupakan notifikasi error yang menyebabkan force close pada aplikasi bawaan maupun aplikasi yang di instal melalui pihak ketiga.

Nah, jika sobat mengalami masalah diatas, sebaiknya jangan panik dulu. Karena disini kami akan memberikan solusi terbaik bagaimana cara mengatasi sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti pada ponsel android.

Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

Cara mengatasi sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti


Cara memperbaiki hp android yang muncul pesan sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti ini sebelumnya sudah pernah saya praktikkan pada smartphone android Sony Xperia saya dan terbukti berhasil.

Jika sobat memiliki tipe hp android yang berbeda tidak ada salahnya jika mencoba cara ini, karena pada dasarnya semua sistem operasi android itu sama, yang membedakan hanyalah versi android yang dimiliki oleh setiap tipe ponsel.


Menghapus data / riwayat pada aplikasi download manager android


Setiap sobat selesai mendownload file maka akan ada data / riwayat yang tersimpan pada ponsel android tersebut. Jika data tersebut menumpuk maka penyimpanan internal pada hp android akan penuh.

Hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya error pada sistem android, sehingga bisa menimbulkan masalah-masalah yang lain. Nah untuk itu disarankan menghapus data yang menumpuk tersebut agar penyimpanan tetap lega.

Caranya sangat mudah silahkan buka pada menu Pengaturan > Aplikasi > dan cari aplikasi Pengelola Unduhan / Download Manager. Jika sudah ketemu, paksa aplikasi untuk berhenti atau bisa juga dengan cara menonaktifkannya. Setelah itu klik pada menu Hapus Data, lalu aktifkan kembali aplikasi tersebut.


Melakukan factory reset / menghapus semua data android


Menghapus semua data atau mengembalikan pengaturan kesetelan pabrik pada android merupakan cara paling efektif yang bisa sobat coba.

Ingat, dengan melakukan cara ini maka semua data yang tersimpan pada memori internal akan hilang, dan pengaturan akan kembali seperti awal pada saat sobat membeli smartphone tersebut.

Jadi sebelum melanjutkan ada baiknya jika membackup semua data yang tersimpan di internal memory baik itu foto, video, file musik, ataupun dokumen penting lainnya. Sobat bisa melakukan backup dengan cara memindahkan data tersebut pada eksternal memori atau pindah ke komputer pribadi.

Setelah data berhasil dibackup mari kita lanjut ke tahap eksekusi. Untuk melakukan factory reset bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara, yakni melalui recovery mode dan melalui menu pengaturan ponsel.

  • Factory reset melalui pengaturan telepon : Silahkan buka pada menu Pengaturan > Buat Cadangan & Setel Ulang > Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik > kemudian Pilih menu Reset Ulang Telepon.
  • Factory reset melalui mode recovery : Matikan ponsel sobat > Tekan dan tahan tombol volume atas + Power secara bersamaan > Tunggu beberapa saat sampai berhasil masuk ke menu recovery > Setelah sukses masuk ke mode recovery silahkan cari menu wipe data/factory reset dengan menggunakan tombol volume atas dan bawah sebagai navigasinya. Tunggu hingga proses reset data selesai, maka ponsel android sobat akan otomatis reboot.


Melakukan flashing android / instal ulang sistem operasi android 


Flashing adalah proses instalasi ulang sebuah sistem operasi pada android yang berguna untuk mengembalikan / memperbaiki error yang terjadi pada OS tersebut. Dengan kata lain, jika OS android sobat mengalami error, itu berarti terjadi ketidak setabilan pada sistemnya dan flashing merupakan cara terbaik untuk mengatasinya.

Untuk bisa melakukan flashing sobat tidak bisa melakukannya secara langsung pada android sobat, melainkan sobat butuh perangkat tambahan yaitu PC / Komputer. Karena untuk melakukan flash pada android, sobat butuh software yang hanya bisa dijalankan pada perangkat PC seperti flashtool, odin, asus flashtool  dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setiap tipe smartphone memiliki jenis software flashing yang berbeda, jadi sobat harus menyesuaikannya sesuai dengan tipe ponsel android yang sobat miliki. Nah mengenai cara flashingnya, sobat bisa request sesuai tipe hp android yang sobat punya dengan meninggalkan komentar dibawah ini.

Baca juga :
Ok sobat, itulah cara mengatasi sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti di hp android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Click to comment