Informasi teknologi terupdate dan terpercaya
Tips  

6 Cara Mudah Mengatasi BBM Tidak Bisa Dibuka Di Hp Android

TEKNODIARY – Kami yakin para pembaca yang ada disini kebanyakan sudah menggunakan aplikasi messenger paling populer yang satu ini, yaitu BBM atau Blackberry messenger.

Dan tidak jarang kami juga sering menemui para pengguna BBM android memiliki keluhan soal aplikasi BBM mereka yang sering mengalami error, seperti tiba-tiba berhenti, macet, maupun force close.

Ada beberapa metode yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi hal tersebut, namun resikonya kalian akan kehilangan data chatting / history yang sebelumnya tersimpan di aplikasi BBM. Untuk cara mengatasi bbm tidak bisa dibuka sangatlah mudah, berikut ulasan lengkapnya.

cara mengatasi BBM tidak bisa dibuka

Cara mengatasi BBM android tidak bisa dibuka atau error 

Ada beberapa cara untuk memperbaiki aplikasi BBM yang error, antara lain dengan menghapus cache pada aplikasi BBM, menghapus data yang ada di BBM, dan bisa juga dengan menginstal ulang aplikasi BBM tersebut.

1. Menghapus cache di BBM android

Setiap aplikasi android pasti memiliki file cache atau file sampah yang tersimpan, nah gunanya file cache ini adalah untuk menyimpan atau merekam segala aktifitas yang sobat lakukan pada aplikasi tersebut.

Dengan kata lain cache bisa juga menyebabkan aplikasi tersebut menjadi sangat berat ketika dibuka karena cache tersebut terkumpul dan tersimpan di memori internal. Untuk caranya silahkan buka pada menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Unduhan > geser kebawah dan cari aplikasi BBM > lalu klik pada menu Hapus Cache.

2. Menghapus data pada aplikasi BBM android

Melakukan penghapusan data pada aplikasi BBM android merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi bbm tidak bisa dibuka, namun resikonya sobat akan kehilangan semua data yang sudah tersimpan sebelumnya pada aplikasi tersebut.

Data yang hilang meliputi data log in, history chatting bisa berupa teks atau gambar dan masih banyak lagi. Untuk caranya, sobat cukup masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Unduhan >  pilih aplikasi BBM > lalu pilih pada menu Paksa Berhenti / force close > Hapus Data.

3. Melakukan update aplikasi BBM android

Perlu sobat ketahui, bahwa setiap aplikasi pasti memiliki bugs jika di instal pada smartphone android yang berbeda tipe. Hal ini wajar, karena setiap aplikasi android tentunya masih dalam tahap pengembangan.

Cara terbaik memperbaiki bbm error adalah dengan melakukan update atau menginstal BBM versi terbaru melalui Google Play store agar bugs yang muncul di ponsel android sobat hilang.

4. Melakukan downgrade aplikasi BBM android

Memang dengan melakukan update aplikasi bisa memperbaiki bugs yang ada, namun dibeberapa perangkat android ada tipe ponsel yang kadang tidak kompatible dengan aplikasi BBM tersebut.

Apalagi jika versi BBM yang sobat gunakan adalah versi BBM yang paling tinggi, dan jika hp android sobat tidak mampu menerimanya maka bisa terjadi error pada BBM tersebut.

Solusinya, cari versi BBM yang lebih rendah, contoh : jika sebelumnya sobat menginstal BBM v2.13.0.26 maka lakukan downgrade dengan menginstal BBM v2.11.0.18. Lakukan downgrade sampai sobat menemukan versi yang pas untuk ponsel android kalian, agar masalah tersebut teratasi.

5. Mengecek settingan APN android

Cara ini bisa sobat coba jika BBM mengalami masalah BBM tidak menyambung / menyambungkan terus menerus. Nah hal tersebut biasanya bersangkutan dengan settingan internet yang ada di android sobat. Untuk caranya buka menu Pengaturan > Jaringan > APN > Kemudian cek APN tersebut, jika sebelumnya menggunakan proxy maka hilangkan proxynya dan simpan setelan.

6. Metode flashing android

Salah satu fakor yang menyebabkan aplikasi BBM error biasanya karena OS android sobat yang mengalami corupt.

Untuk itu jalan satu-satunya adalah dengan cara melakukan flash ulang pada android / instal ulang sistem operasi untuk memperbaiki sistem yang mengalami error. Setelah melakukan flashing, kami jamin BBM kalian bisa dibuka dengan normal.

Oke sobat, demikian postingan tentang 6 cara mengatasi BBM tidak bisa dibuka di android kali ini. Jika ada hal yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.